x

184 Anggota TNI Kodim 0211/TT Jalani Rapid Test, 2 Personil Reaktif

2 minutes reading
Friday, 17 Jul 2020 12:57 0 135 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Sibolga : 184 anggota TNI baik perwira dan prajurit dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), menjalani rapid test di Aula Makodim 0211/TT, Kamis (16/7).

Komandan Kodim (Dandim) 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, mengatakan ke-184 anggota TNI tersebut sebanyak 76 orang dari Makodim 0211/TT, termasuk Dandim 0211/TT dan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0211/TT, Mayor (Inf) Horas Sitorus.

Sementara, sebanyak 20 orang personil Koramil 01/Barus, 13 orang personil Koramil 02/ Sorkam, 26 orang personil Koramil 03/ Pandan, 19 orang personil Koramil 04/ Pinang Sori, 14 orang personil Koramil 05/ Kolang dan 16 orang personil Koramil 06/Kota.

Dikonfirmasi Jumat siang (17/7), terkait informasi adanya dua orang personil yang didapati reaktif dalam rapid test tersebut, pemegang tongkat komando Kodim itu membenarkan.

Hasilnya, didapati sebanyak 2 personil reaktif, meski ia mengaku yang bersangkutan telah memiliki riwayat penyakit paru berselang dua tahun.

“Betul, sekarang sudah di swab. Sedang menunggu hasilnya. Reaktif hasil rapid kan belum tentu positif covid 19, karena ybs pun punya penyakit paru-paru sudah 2 tahun, bisa jadi karena penyakit penyerta,” terangnya.

Ia memastikan untuk tidak memberikan kepanikan, keduanya tengah dilakukan swab dan sedang menunggu hasilnya dari laboratorium.

Sebelumnya, Dadang mengungkapkan, tujuan dari rapid test tersebut dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu sesuai instruksi Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Panglima Daerah Militer (Pangdam) untuk melakukan rapid test kepada jajaran TNI yang ada di daerahnya untuk melakukan pengamanan ke dalam.

“Karena mengingat dalam melaksanakan tugasnya, TNI selalu berhubungan dan bersentuhan dengan masyarakat. Apalagi baru-baru ini ada personel di Secapa Bandung yang reaktif. Dengan adanya pemeriksaan ini, kita mengetahui bagaimana kondisi personel saat ini,” imbuhnya.

Dia mengakui, seandainya dari hasil pemeriksaan ada yang reaktif, maka pihaknya akan mengumumkan dan mengkoordinasikan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga untuk dilakukan Swab.

“Jika hasil Swab juga positif, maka yang bersangkutan dan keluarganya akan di Swab dan dilakukan karantina,” tuturnya.

Pemeriksaan kesehatan prajurit TNI itu dilakukan oleh 3 orang personil Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Kodim 0211/TT Sibolga bersama 6 orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sibolga dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P).

Penulis : Benny
Editor : Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x