x

Jadi Korban Gempa Cianjur, Warga Kampung Rawacina Tidur di Kuburan Selama 4 Hari

1 minutes reading
Thursday, 24 Nov 2022 06:06 0 199 Iki

BICARAINDONESIA-Cianjur : Akibat gempa Cianjur, warga Kampung Rawacina, Desa Nagrak, Cianjur, terpaksa mengungsi di area kuburan karena rumah mereka hancur.

Warga harus tidur di atas kuburan selama 4 hari terakhir. “99 persen rumah hancur di sini,” kata salah satu Ketua RT Kampung Rawacina Dede Nuryati, Kamis (24/11/2022).

Dede mengatakan bahwa warga mendirikan tenda pengungsian di area kuburan karena tak ada lagi lokasi lain. Dia juga menyebut, area kuburan lebih aman dibanding lokasi lain, jika gempa susulan tiba-tiba terjadi.

“Enggak ada lahan lagi, mecuali tempat pemakaman ini. Kalau mau di situ takut, kan itu jurang. Takut, ada gempa tiap hari, malam juga udah dua kali. Apalagi malam juga hujan besar,” jelasnya.

Menurut Dede, ada sekitar 200 orang yang mengungsi di area kuburan itu. Dede mengatakan warga yang mengungsi di area kuburan itu harus tidur dalam keadaan gelap gulita saat malam hari.

“Alhamdulillah, soal makanan, mah. Namun, tikar masih kekurangan, terus penerangan enggak ada. Udah empat malam enggak ada penerangan. Gelap, hujan, dan takut gempa susulan,” tuturnya.

Sebenarnya, kata Dede, dia takut tidur di area kuburan. Namun, Dede harus ikut tidur di pengungsian karena merasa bertanggung jawab atas nasib warganya.

“Takut, tetapi bagaimana lagi? Kuat-kuatkan aja. Ibu sebagai RT kan bertanggung jawab,” ucapnya.

Editor: Rizki Audina/*  

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x