x

Serdangbedagai Siaga Darurat Banjir, Ribuan Rumah Terendam

1 minutes reading
Thursday, 17 Nov 2022 13:53 0 193 Iki

BICARAINDONESIA-Sergai : Akibat hujan deras dan tanggul jebol, ribuan rumah di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai menetapkan status siaga darurat banjir di wilayah terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Sergai melalui Sekretaris BPBD Sergai, Sukma Permana membenarkan hal tersebut. “Benar, Sergai tetapkan status siaga darurat banjir,” katanya, Kamis (17/11/2022).

Sukma menyebutkan bahwa ada enam kecamatan yang terendam banjir. Di antaranya Kecamatan Tebingtinggi, Sipispis, Dolok Masihul, Sei Rampah, Tanjung Beringin, dan Sei Bamban. Namun, lokasi yang paling parah terdampak ialah Sei Rampah.

“Wilayah terendam banjir sebanyak enam kecamatan dengan total 5.164 kepala keluarga dan 19.844 jiwa. Ketinggian banjir bervariasi, tetapi ada yang mencapai hingga 1 meter,” jelasnya

Suka juga mengatakan, pihak BPBD sudah mendirikan posko darurat, serta menyiapkan perahu evakuasi. Selain itu, bantuan sembako bagi warga yang terdampak banjir juga tengah disalurkan.

“Banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dan kiriman dari arah Simalungun. Banjir juga diperparah oleh tanggul yang jebol di Dolok Masihul dan Sipispis. Saat ini sedang dalam perbaikan,” jelasnya.

Editor: Rizki Audina/*

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x