x

Hai Manusia! Mau Ingat Akan Nikmat Allah SWT, Baca Surat Ar-Rahman

3 minutes reading
Sunday, 15 Jan 2023 06:37 0 124 admin

BICARAINDONESIA : Di dalam Al-Qur’an terdapat satu surat yang begitu indah, lantaran ada lafaz ayatnya yang berulang sekian kali. Surat tersebut mengingatkan manusia akan berbagai nikmat yang Allah SWT senantiasa limpahkan. Surat itu yakni Surat Ar-Rahman.

M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah menerangkan bila surat ini dinamakan dengan Arus al-Qur’an atau pengantin Al-Qur’an. Rasulullah SAW pernah menyatakan dalam sabdanya, “Segala sesuatu memiliki pengantinnya dan pengantin Al-Qur’an adalah Surat Ar-Rahman.” (HR Baihaqi)

Disebut demikian lantaran tema utama surat ini adalah uraian akan berbagai cakupan karunia Allah yang Dia berikan kepada seluruh makhluk-Nya. Serta di dalam Surat Ar-Rahman ada pengulangan lafaz ayat berikut ini:

فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

Arab latin: fa bi ayyi aalaa’i Rabbikumaa tukadzdziban

Artinya: Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan (wahai jin dan manusia)?

Tafsir Tahlili Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan bahwa lafaz ayat tersebut berulang sebanyak tiga puluh satu kali. Hal itu dimaksudkan untuk memperkuat dan mengagungkan adanya anugerah Allah dan memperingatkan manusia serta jin tentang itu.

Untuk itu, diharapkan para hamba Allah dapat mengambil manfaat, serta senantiasa bersyukur akan nikmat-nikmat-Nya itu. Melalui ayat itu juga, Dia mengecam makhluk-Nya yang enggan bersyukur, sambil memberitahukan bahwa sikap mereka telah melampaui batas.

Bacaan ‘fa bi ayyi aalaa’i Rabbikumaa tukadzdziban’ dalam Surat Ar-Rahman terbagi menjadi empat bagian konteks bahasan. Keempatnya di antaranya sebagai berikut.

Menyangkut keajaiban ciptaan Allah SWT yang ada di langit dan bumi dengan selingan delapan kali pengulangan ayat.
Berkaitan dengan siksa neraka dan kengeriannya yang diselingi tujuh ayat tersebut.

Mengenai ahli surga serta kesenangan yang akan didapatnya diselingi dengan delapan ayat yang sama. Tentang dua surga lainnya yang Allah siapkan untuk golongan lain diselingi dengan delapan ayat itu.

Keutamaan Surat Ar-Rahman

Diketahui terdapat sejumlah keistimewaan bagi mereka yang senantiasa membiasakan diri membaca Surat Ar-Rahman, berikut di antaranya seperti yang dilansir dari jurnal berjudul Fenomena Pernikahan dengan Mahar Surah Ar Rahman karangan Samsul Ma’arif.

Mendapat ridha Allah atas nikmat-nikmat yang didapatnya, serta Allah menyayangi kelemahannya.Ajalnya dihitung sebagai mati syahid. Apabila seorang muslim meninggal dunia saat membaca surat Ar-Rahman diibaratkan sebagai mati syahid. Sebagaimana yang dikatakan ulama Ja’far Ash-Shadiq:

“Barang siapa membaca Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘fa bi ayyi aalaa’i Rabbikumaa tukadzdziban’ kemudian jika dia mengucapkan: ‘tidak ada satupun nikmat Mu dari Tuhanku yang aku dustakan’, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.”

Dekat dengan Allah di hari kiamat kelak. Ulama Ja’far Ash-Shadiq mengungkapkan, “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan orang-orang munafik. Dan kamu akan menjumpai Allah bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.”

Itulah mengenai kandungan Surat Ar-Rahman beserta keutamaannya, semoga bermanfaat.

Editor : Yudis/dtc

LAINNYA
x