x

Pakai Jet Pribadi, Erdogan dan Istri Selamatkan 16 Bayi Korban Gempa Turki

2 minutes reading
Friday, 10 Feb 2023 05:42 0 127 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyelamatkan 16 bayi korban gempa di daerahnya menggunakan jet pribadi. Bayi-bayi tersebut akan diterbangkan ke tempat yang lebih aman.

Dikutip dari Telegraph, foto-foto tersebut dirilis media milik pemerintah di tengah kemarahan warga Turki karena Erdogan dinilai salah mengatasi kondisi darurat. Media pemerintah menggambarkan, bayi-bayi yang berusia 6 hari hingga 12 bulan itu sebagai ‘bayi tanpa wali’.

Namun, identitas mereka atau keadaan penyelamatan ke-16 bayi tersebut tidak diketahui. Setelah pesawat mendarat, bayi-bayi tersebut langsung dikumpulkan oleh ibu asuh dari Kementerian Keluarga dan Layanan Sosial Turki.

Sementara itu, Ibu Negara Turki Emine Erdogan juga mengunggah foto-foto ketika ia mengunjungi bayi-bayi korban gempa tersebut. Emine mengabarkan kondisi bayi yang sehat dan ‘memberikan kami sedikit semangat’.

“Pemeriksaan awal sudah dilakukan, dan itu menunjukkan mereka tidak memiliki masalah,” ujar Emine dalam akun Instagramnya @emineerdogan, Kamis (9/2/2023).

“Mereka berada di tangan negara yang aman,” imbuhnya.

Kepala dokter di rumah sakit Etlik Ankara dr. Bulent Gungorer mengatakan, para dokter tidak menemukan masalah kesehatan apa pun. Termasuk pada kedua bayi yang dikeluarkan dari reruntuhan.

Sebagai informasi, Erdogan sedang menghadapi kemarahan publik akibat dianggap ‘tidak becus’ menangani situasi gempa terburuk selama delapan dekade ini. Pemerintahannya juga dipertanyakan karena tidak benar-benar menegakkan aturan soal bangunan tahan gempa di Turki.

Sebelumnya, Erdogan tampil di hadapan publik pada hari Rabu (8/2/2023), ketika dia mengunjungi daerah yang terkena dampak termasuk Kota Kahramanmaras. Pemerintah Turki melaporkan, jet pribadi milik Erdogan digunakan untuk mengevakuasi korban yang terluka dan juga memindahkan tim penyelamat ke seluruh negeri.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x