x

Bawaslu Ajak Pemilik Warkop Awasi Pilkada di Labuhanbatu

2 minutes reading
Thursday, 17 Sep 2020 11:00 0 154 admin

BICARAINDONESIA-Labuhanbatu : Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu secara gencar terus mengajak semua kalangan melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Langkah nyata itu seperti yang dilaksanakan di salahsatu hotel di Rantauprapat, Rabu, 16 September 2020 kemarin, saat Bawaslu mengundang para pengusaha Warung Kopi (Warkop).

Dalam kegiatan itu dijelaskan, ada beberapa faktor mengapa pihak Bawaslu melibatkan pengusaha warkop. Salahsatunya sebagai sarana komunikasi pertemuan semua kalangan.

Divisi Penindakan Pelanggaran, Bawaslu Labuhanbatu, Fahrizal Sahputra Rambe dan Divisi Sengketa, Zuliandi Simatupang Kamis (17/9/2020) menjelaskan, warkop merupakan sarana untuk bertukar pikiran serta cara pandang dalam berpolitik.

“Pemilik warkop, diharapkan berperan aktif dalam hal pengawasan Pilkada, hal itu dilaksanakan agar tumbuh nilai-nilai budaya yang baik dalam demokrasi serta memastikan terselenggaranya pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas,” ucapnya.

Pengawasan itupun meliputi pemantauan, pengumpulan informasi ada tahapan pemilihan yang diawasi serta mencatat dan melaporkannya kepada pengawas terdekat di kelurahan/desa, pengawas kecamatan ataupun Bawaslu.

Sementara pengelola warkop Klandestin di Jl. H Adam Malik/By Pass Rantauprapat, Muhammad Q Rudhy memaparkan, dalam pesta demokrasi, warung kopi bisa menjadi zona netral. Namun dalam kondisi tertentu juga dapat berperan sebagai ruang konsolidasi atau ruang rekonsiliasi.

Apapun itu, sambungnya, tetap memiliki peran penting dalam mendorong demokrasi yang lebih baik. Warung kopi adalah sebuah ruang egaliter, ruang bebas berbicara dan bebas berpendapat.

Selain salah satu tempat atau fasilitas dimana menjalin demokrasi yang baik, warkop dalam dunia politik juga memiliki faktor resiko seperti transaksi money politic yang mana pemilik warung ikut terkait dalam hal tersebut.

“Juga dapat menjadi tempat berdebat yang baik cendrung lebih bebas dalam berdemokrasi. Namun kita sepakat, bahwa pesta demokrasi Labuhanbatu harus berjalan dengan kondusif,” harapnya.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x