x

Begini Respon Istana soal BEM KM UGM Beri Nominasi Jokowi Alumnus Memalukan

2 minutes reading
Tuesday, 12 Dec 2023 11:09 0 111 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Baru-baru ini viral di media sosial gelar untuk Presiden Jokowi yang diberikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Gadjah Mada (UGM). Gelar itu adalah gelar ‘alumnus paling memalukan’.

Menanggapi hal itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menilai kritikan sudah menjadi hal yang wajar.

“Dalam negara demokrasi, yang namanya kritik, yang namanya pujian dan kepercayaan (trust) terhadap penyelenggara negara adalah hal yang wajar,” ujar Ari, dikutip dari detik, Selasa (12/12/2023).

Menurut Ari, penilaian terhadap kinerja selalu ada pihak yang puas dan tidak puas. Dia lantas mengajak untuk melihat survei terhadap kinerja Jokowi.

“Dalam menilai kinerja pemerintah, juga ada yang tidak puas, dan ada yang puas atau bahkan ada yang sangat puas. Coba cek saja penilaian lembaga-lembaga survei terhadap kinerja Presiden. Juga bisa cek aktivitas Presiden yang lebih sering turun ke lapangan, mendengarkan suara masyarakat,” kata dia.

Ari juga mengatakan kalau upaya membangun opini di tengah kontestasi pemilu merupakan hal yang wajar. Namun opini itu perlu diperkuat dengan argumentasi fakta dan bukti.

“Upaya menarik perhatian, membangun opini di tengah kontestasi politik (pemilu) dengan kepentingan politik elektoral juga sah-sah aja. Tapi semua opini itu harus diuji dengan argumentasi, dengan fakta, dengan bukti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa semua kritik dan pujian yang ada selalu menjadi vitamin bagi pemerintah, khususnya Jokowi, untuk meningkatkan kerja.

“Semua input, baik pujian ataupun kritik, akan selalu menjadi ‘vitamin’ untuk meningkatkan kinerja pemerintahan sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Diketahui, BEM KM menggelar diskusi publik dan mimbar bebas di utara Bundaran UGM pad Jumat (8/12/2023). Ketua BEM KM Gielbran Mohammad mengungkapkan alasan penyematan ‘alumnus paling memalukan UGM’ kepada Presiden Jokowi. Di antaranya adalah sebagai wujud kekecewaan selama dua periode kepemimpinan Jokowi yang masih banyak permasalahan fundamental yang masih belum terselesaikan.

LAINNYA
x