x

Begini Sosok Paslon Amizaro-Yusman di Mata Para Legislator DPRD Nias Utara

3 minutes reading
Tuesday, 22 Sep 2020 07:50 0 148 admin

BICARAINDONESIA-Nias Utara : ‘Genderang perang’ dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara sudah ditabuh. Gaungnya pun semakin nyaring terdengar saat mendekati penetapan paslon di KPUD Nias Utara.

Para pasangan calon (paslon) dari masing-masing kandidat pun menyatakan kesiapannya bertarung untuk merebut prestise Pilkada Nias Utara Kota dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Ketiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara yakni Amizaro Waruwu-Yusman Zega, Fonaha Zega-Emanuel Zebua dan M. Ingati Nazara-Otorius Harefa telah siap adu kesaktian di Pilkada kabupaten tersebut.

Ketiga figur paslon yang mengklaim memiliki massa dukungan kuat dan pendukung loyalis tersebut tak ingin menyia-nyiakan arena pesta demokrasi itu.

Amizaro Waruwu bersama Yusman Zega yang diusung PAN, Hanura, PKPI dan Nasdem serta didukung oleh Perindo, PKS, PPP dan PSI tersebut optimis dengan slogannya AMAN dapat lolos sebagai pemenang dan menjadi ‘juara’.

Paslon AMAN memiliki harapan tak ingin tersungkur dan menjadi bulan-bulanan dalam ajang paling bergengsi di laga Pilkada Serentak yang digelar di Nias Utara tersebut. Lantas? Bagaimana kalangan para legislator memandang sosok pasangan Amizaro Waruwu dan Yusman Zega?

Di mata Ya’aman Telaumbanua, Anggota DPRD asal Kec. Sawo misalnya. Ia mengaku sangat mengenal kualitas dari figur paslon yang kini bersaing mendulang simpati warga Nias Utara tersebut.

Menurutnya, momentum pesta demokrasi di Nias Utara ini menjadi saat yang tepat untuk mengenal masing-masing sosok calon pemimpin kedepan.

“Dengan harapan, akar rumput yang berada di bawah dapat mengenal dan paham Cabup dan Cawabupnya. Amizaro Waruwu sosok yg sederhana, memasyarakat dan berkomitmen tinggi,” ujar Yaaman Telaumbanua, Selasa (22/9/2020).

Kata Yaaman, dia mengenal betul sepak terjang Amizaro saat bersama-sama di lembaga DPRD.

“Dia memang mengutamakan musyawarah/mufakat dalam pengambilan keputusan, memahami betul kondisi ril masyarakat hingga kedesa-desa menjadi bahan utama merumuskan program/kegiatan penanganannya,” sebutnya

Dari sisi komitmen dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, sambung Yaaman, terdiskusikan dari bawah dan dikawal dalam pembahasan untuk ditetapkan.

Sesuai UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, penyelenggara pemerintah daerah itu adalah Bupati/Wakil Bupati dan DPRD, atau profesi birokrasi dan Politisi, jelasnya, merupakan dua elemen yang dapat dioptimalkan untuk kemajuan daerah. Itulah bagian yang tak terpisahkan soal komitmennya dalam mengawal aspirasi masyarakat.

“Kalau mengukur komitmen menempati janji tentu patokannya melihat trackrecord Amizaro Waruwu selama menjadi Anggota DPRD selama tiga periode terakhir menjadi garansi dlm memenuhi janjinya kepada publik,” inbuhnya.

Bukan hanya itu, dimata Faogonaso Harefa, Anggota DPRD dari Partai Hanura, sosok Amizara Waruwu dalam memenangkan perhelatan Pilkada Nias Utara ke depan.

Faogonaso Harefa menilai bahwa Sosok Amizaro Waruwu memiliki jiwa sosial tinggi dan rendah hati bersama Yusman Zega yang sudah paham kinerja birokrasi menjadi salah satu modal dalam menarik simpatik masyarakat.

“Secara pribadi sangat optimis bahwa sosok Amizaro Waruwu dapat membuat Nias Utara lebih baik kedepan diperkuat dengan pasangannya Yusman Zega yang sudah berpengalaman dibirokrasi. Paslon AMAN ini perpaduan politisi dan birokrasi,” kata Faogonaso.

Ia mencermati pola pikir akar rumput terkait politik yang masih tak lepas dari kungkungan anggapan yang berujung duit. Padahal, substansi politik berdemokrasi era saat ini bukan lagi zamannya ‘politic is money’ dan ‘money is politic’.

“Melainkan, sebuah pesta demokrasi fairly. Tidak ada lagi anggapan yang namanya, money..money and money…! Harus ditinggalkan mindset seperti itu. Apalagi kaum milenial sekarang sudah pada melek IT,” sambungnya.

Ia berharap, masyarakat bawah bisa membuka pola pikirnya untuk lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Alasannya, semua demi kebaikan, kesejahteraan dan meningkatnya SDM warga Nias Utara, namun AMAN jawabnnya.

“Tentunya SDM yang unggul dan berkualitas secara universal, dimiliki oleh paslon AMAN menuju Nias Utara Maju, Sejahtera dan Berkeadilan,” pungkas anggota legislatif asal Kec. Namohalu Esiwa itu.

Penulis : Ega
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x