Belgia Pimpin Klasemen Grup F Setelah Kalahkan Kanada 1-0

Laga Belgia Vs Kanada di Grup F Piala Dunia 2022 yang akhirnya dimenangkan The Red Devils 1-0/foto : fb

BICARAINDONESIA : Pada laga perdana di Piala Dunia 2022, Belgia berhasil mendulang hasil positif. Lewat gol Michy Batshuayi, The Red Devils menang 1-0 atas Kanada.

Laga Belgia vs Kanada pada lanjutan Grup F Piala Dunia 2022 berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Kamis dinihari (24/11/2022) WIB. Pertandingan berjalan ketat dan terbuka sejak sepak mula.

Kanada mendapatkan hadiah penalti saat pertandingan belum berjalan 10 menit. Namun eksekusi Alphonso Davies dimentahkan oleh Thibaut Courtois.

Jelang turun minum, Belgia mencetak gol lewat Michy Batshuayi. Gol itu berhasil dipertahankan hingga peluit panjang.

Dengan hasil ini, Belgia naik ke puncak klasemen Grup F Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Kroasia dan Maroko berturut-turut menempel dengan masing-masing mengoleksi satu poin, sementara Kanada di dasar klasemen tanpa poin.

Jalannya Pertandingan

Dilansir dari detikcom, baru semenit, Belgia sudah mendapatkan peluang. Kanada kehilangan bola ke Michy Batshuayi, tapi sepakannya masih bisa diamankan oleh kiper Kanada Milan Borjan.

Penalti! Kanada mendapatkan penalti pada menit kesembilan karena handball Yannick Carrasco. Alphonso Davies maju sebagai eksekutor dan mengarahkan sepakan ke sisi kiri, tapi Thibaut Courtois membacanya dengan tepat dan menghalau bola!

Peluang buat Belgia pada menit ke-24. Kerja sama Eden Hazard dan Youri Tielemans berakhir dengan umpan untuk Batshuayi di kanan. Sepakan Batshuayi diblok dan berakhir ke luar lapangan.

Kanada merespons tak lama berselang. Davies mendorong bola ke arah Atiba Hutchinson, yang kemudian menembak dari depan kotak penalti. Hanya saja upayanya melebar ke kanan.

Kanada meminta penalti pada menit ke-38, setelah Richie Laryea terjatuh di bawah tekanan Axel Witsel. Wasit menunggu informasi dari VAR dan tak ada penalti.

GOL! Belgia memimpin pada menit ke-44. Umpan panjang Toby Alderweireld diterima Batshuayi di sepertiga akhir dan dituntaskan dengan tembakan keras ke pojok kanan gawang.

Peluang buat Kanada di masa injury time babak pertama. Umpan Laryea mengarah ke Tajon Buchanan di depan gawang, namun ia gagal mengontrol bola dengan baik dan peluang terbuang. Belgia menutup paruh pertama unggul 1-0 atas Kanada.

Kanada memulai babak kedua dengan lebih berani. Umpan Stephen Eustaqio pada menit ke-48 mengarah ke Jonathan David, tapi sundulannya melebar. Eustaqio lantas melepaskan percobaan sendiri dua menit berselang, juga bergulir ke samping gawang.

Belgia mencoba keluar dari tekanan. Serangan dibangun pada menit ke-68, dengan sodoran De Bruyne diterima Batshuayi di dalam kotak penalti. Namun penyerang Belgia itu terlalu lama mengambil keputusan dan sepakannya diblok oleh Laryea.

Kanada kembali mengancam pada menit ke-80. Sundulan David mengarah ke gawang, hanya saja belum cukup untuk menaklukkan Courtois.

Jan Vertonghen tampil sigap untuk meredam serangan Kanada pada menit ke-88. Belgia balik menekan memasuki masa injury time dan sepakan De Bruyne dari sudut sempit masih mudah dihentikan Borjan.

Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Belgia 1-0 Kanada. Dengan hasil tersebut, Belgia kini menduduku puncak klasemen yang disusul oleh Kroasia, Maroko dan Kanada di posisi buncit.

Susunan pemain:

Belgia: Thibaut Courtois; Leander Dendoncker, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Youri Tielemans (Amadou Onana 46′), Axel Witsel, Yannick Carrasco (Thomas Meunier 46′); Kevin de Bruyne, Eden Hazard (Leandro Trossard 67′); Michy Batshuayi (Lois Openda 78′)

Kanada: Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Junior Hoilett (Cyle Larin 58′), Atiba Hutchinson (Kenneth Kone 58′), Stephen Eustaquio (Jonathan Osorio 81′), Richie Laryea (Samuel Adekugbe 74′); Tajon Buchanan (Liam Millar 81′), Alphonso Davies; Jonathan David.

Editor : Tyan/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *