x

Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam, RS Adam Malik Kontrol Ketat Kondisi Adam dan Aris

2 minutes reading
Thursday, 21 Jan 2021 07:20 0 159 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Rumah Sakit Umum Pusat Haji (RSUPH) Adam Malik Medan, berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam dempet dada dan perut, Adam dan Aris, Rabu, 20 Januari 2021 kemarin.

Setelah melewati proses hampir 10 jam, atau dimulai sejak 08.00 WIB pagi hingga pukul 17.40 WIB, kedua bayi itu bisa dipisahkan tim medis.

“Pukul 17.40 WIB, operasi Adam dan Aris telah selesai dan telah berhasil dipisahkan dalam keadaan selamat,” kata Kasubbag Humas Rosario Dorothy Simanjuntak, Rabu petang.

Usai operasi pemisahan, kedua bayi akan dirawat intensif. Kondisi mereka dipantau sangat ketat selama 3×24 jam.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam, dr Rizky Adriansyah SpA (K) mengatakan bahwa operasi pemisahan Adam dan Aris dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Dan untuk kendala menurut Rizky sejauh ini tidak ada kendala berarti yang dihadapi tim pemisahan.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ucapnya, Rabu siang.

Dalam operasi Adam dan Aris, tenaga medis dan tenaga kesehatan di RSUP H Adam Malik sudah menyediakan 16 kantong darah golongan B. “Untuk stok darah kami sudah siapkan dan itu sumbangan dari tenaga medis di Adam Malik,” terang Rizky.

Penanganan operasi itu sendiri, melibatkan lebih dari 50 tenaga medis. Tenaga ahli yang dilibatkan di antaranya beberapa dokter subspesialis, terutama dokter spesialis bedah anak, dokter bedah jantung, dokter spesialis anestesi pediatrik, dan dokter spesialis anak. Seluruhnya merupakan tenaga medis yang bekerja di RSUP H Adam Malik, Medan.

“Kedua bayi dempet pada bagian perut dan dada. “Organ yang menempel, hati dan dinding jantung, karena itu banyak dokter spesialis yang dilibatkan,” jelas Rizky.

Untuk diketahui bahwa bayi kembar siam Adam dan Aris lahir pada 9 Desember 2019. Adam dan Aris merupakan putra pasangan dari Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), warga Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kec. Bilah Hilir, Kab. Labuhanbatu.

Bayi kembar siam Adam dan Aris saat ini dalam keadaan sehat dengan berat badan total sekitar 16 kg. Keduanya sudah berusia 1 tahun 1 bulan, di mana mereka pasien rujukan dan dibawa ke RSUP Haji Adam Malik.

Penulis/Editor : Chairul

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x