x

BNPB Mencatat Korban Tewas Banjir Jember Bertambah Jadi Dua Orang

1 minutes reading
Monday, 10 Jan 2022 04:53 0 263 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dua orang meninggal dunia akibat banjir di Jember, Jawa Timur pada Senin (10/1/2022). Laporan itu mengalami penambahan dari laporan sebelumnya.

“Informasi pada hari ini, Senin (10/1), korban meninggal bertambah satu orang sehingga total korban meninggal dunia berjumlah dua orang,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin (10/1).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember saat ini masih mencari satu warga lainnya hilang.

“Petugas gabungan yang di bawah koordinasi Basarnas memastikan korban hilang dengan upaya pencarian,” katanya.

Adapun wilayah terdampak banjir berada di tiga kecamatan berdasarkan laporan BPBD antara lain Kelurahan Kaliwates, Sempusari dan Mangli di Kecamatan Kaliwates; Desa Rambipuji dan Ramigundam di Kecamatan Rambipuji; Desa Kemiri dan Suci di Kecamatan Panti.

Tercatat korban terdampak sebanyak 440 KK atau 1.668 jiwa. Namun, berdasarkan catatan BPBD tidak ada pengungsian akibat peristiwa tersebut.

Data kerugian masih tetap, yaitu bangunan terdampak 440 unit rumah, tempat ibadah 3 unit dan tempat usaha 2 unit.

Abdul mengatakan, banjir yang terjadi pada Minggu (9/1) pukul 15.00 WIB itu kini sudah berangsur surut, menyisakan sampah dan lumpur. Ia menyebut petugas BPBD dibantu warga masih melakukan pembersihan material yang akibat banjir.

“Warga terlihat membersihkan rumah maupun membantu untuk pembersihan fasilitas umum terdampak,” ucapnya.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x