Calon Panglima TNI Yudo akan Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan Hari Ini

BICARAINDONESIA-Jakarta : Usai dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Panglima TNI, kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) hari ini, Jumat (2/12/2022) di Komisi I DPR.

Yudo diketahui dipilih Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang pensiun pada Desember ini.

“Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima esok,” ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Kamis (1/12/2022), dikutip dari CNNIndonesia.

Rencananya, pelaksanaan fit and proper test akan berlangsung selama sehari penuh. Proses akan dimulai sejak pagi dengan verifikasi persyaratan.

Kemudian, Yudo akan memaparkan visi misinya di Komisi I secara terbuka pada siang harinya. Penyampaian ini bisa tertutup jika ada hal strategis yang harus dirahasiakan.

“Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai,” kata Meutya.

Terpisah, Yudo mengaku sudah siap menjalani fit and proper test. Ia mengatakan telah menyiapkan bahan untuk dipaparkan di Komisi I.

“Kita siapkan bahan-bahan yang besok akan dipertanyakan oleh Komisi I,” ujar Yudo di Jakarta Utara, Kamis (1/12).

Usai resmi menjadi panglima, ia m mengaku akan meneruskan kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia mengatakan sebelumnya telah bertemu dengan Andika dan menerima masukan.

“Tentunya pasti akan ada masukan-masukan lah dari beliau. Tentunya harus meneruskan apa-apa yang kebijakan beliau, karena kan pasti tahun 2023 ini kan sudah direncanakan di tahun 2022. Tinggal melaksanakan,” kata Yudo.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!