x

Cegah Bahaya, Polres Labuhanbatu Lakukan Tes Urine Sopir dan Masinis KA

2 minutes reading
Thursday, 28 Dec 2023 17:12 0 109 admin

BICARAINDONESIA-Labuhanbatu : Tim gabungan Polres Labuhanbatu, Forkopimda setempat dan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI), berkolaborasi melakukan tes urine terhadap sopir angkutan umum dan masinis, Kamis (28/12/2023).

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan alkohol, sekaligus memastikan mereka bebas dari zat adiktif lainnya saat mengemudikan kendaraan, sehingga penumpang bus atau kereta api khususnya pemudik yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) lebih terjamin keselamatannya.

Kegiatan tersebut melibatkan 17 Personel gabungan yang terdiri dari personel Satresnarkoba Polres Labuhanbatu, personel TNI, Dishub, Dinkes, Satpol PP Pemkab Labuhanbatu serta pihak PT KAI.

Kegiatan tes urine itu juga dilaksanakan sebagai rangkaian Operasi lilin Toba 2023 dengan fokua 2 lokasi, yakni di Pos Yan II Jalan Bypass Simpang Hocklie, Kecamatan Rantau Selatan dan Pos Terpadu Stasiun KAI Rantauprapat.

“pemeriksan Tes urine dilakukan untuk memastikan tidak ada supir dan masinis KAI yang mengkonsumsi narkoba atau miras, karena hal dapat membahayakan para penumpang” Kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr. Bernhard L Malau, SIK melalui Kasi Humas Iptu Parlando Napitupulu SH, kepada wartawan diruang kerjanya.

Dia juga menjelaskan, dari hasil pemeriksaan urine terhadap 5 orang sopir dan 2 orang masinis kereta api, dipastikan bahwa tidak satupun yang terindikasi sebagai mengkonsumsi narkotika ataupun minuman beralkohol.

“Hasil pemeriksaan ini tentunya menggembirakan, dimana para supir lebih waspada menjaga keselamatan penumpang selama masa mudik Nataru 2023 ini,” sebutnya.

Lebih jauh Parlando mengatakan, dalam libur Nataru ini terdapat peningkatan jumlah penumpang meskipun tidak signifikan. Untuk itu, pihak kepolisian terus menjaga kewaspadaan dan terus memastikan bahwa para penumpang mendapatkan layanan yang baik, aman dan nyaman.

“Saya berharap dengan adanya kegiatanĀ tes urineĀ ini bisa berkorelasi dengan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusi,” tutup Parlando.

Penulis : Aji
Editor : Ty

Tim gabungan Polri dan pihak PT KAI saat melakukan tes urine sopir dan masinis/foto : isr

LAINNYA
x