24 July 2021

BicaraIndonesia.net

Lugas Akurat Tedepan

Coba Kabur Saat Akan Disembelih, Seekor Sapi Warga BSP Lubukpakam Nyangkut di Tembok

2 min read

Sapi kurban milik warga perumahan BSP Lubukpakam yang mencoba kabur saat akan disembelih/foto : ist

BICARAINDONESIA-Lubukpakam : Warga Perumahan BSP Lubukpakam, Kab. Deliaerdang, Sumatera Utara, juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H, Jum’at (31/7/2020).

Dalam dalam prosesi penyembelihan yang digelar usai Salat Id di Masjid Al Hidayah komplek perumahan tersebut, ada kejadian menggelikan sekaligus sempat memicu kepanikan, saat satu dari 4 ekor sapi yang akan disembelih mencoba kabur dari tempat hewan kurban itu dititipkan sebelum mendapat giliran, dengan cara melompati tembok pembatas meski dalam posisi terikat.

Namun usahanya gagal karena meski kepalanya sudah berhasil menjulur keluar, namun tubuh sapi itu justru nyangkut ditembok. Alhasil, posisi hewan kurban itu hanya bisa menungging dan tak bisa bergerak lagi.

Melihat hal itu, sejumlah warga BSP berusaha membebaskan sapi yang sempat mengamuk tersebut. Setelah bersusah payah akhirnya sapi kurban tersebut berhasil dibebaskan dan langsung disembelih.

Suasana penyembelihan hewan kurban di Komplek Perumahan BSP/foto : ist

Sebelumnya, dalam Salat Idul Adha di Masjid Al Hidayah Komplek Perumahan BSP itu, Ustadz Ramaini SPdI, sebagai imam sekaligus khatib, dalam tausiyahnya menekankan bahwa salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah adalah menyembelih hewan kurban.

Namun jika sudah mampu secara finansial tapi tidak mau berkuban, Ramaini mengutip sabda Rasulullah Muhammad SAW bahwa barang siapa yang memiliki kemampuan namun tidak berkurban, makan jangan sekali-kali mendekat ke tempat salat kami.

”Jadi kalau sudah mampu silahkan berkurban karena salah satu hikmahnya adalah akan melancarkan rezeki juga. Jangan takut bakal habis harta karena berkurban,” ucap Ramaini dihadapan jamaah Salat Idul Adha yang memadati Masjid Al Hidayah.

Dijelaskannya pula, pahala kurban sangat besar. Bahkan setiap bulu hewan kurban akan memberikan pahala.

“Setiap bulu dari hewan yang kita kurbankan ada 10 kebaikan, akan dihapuskan 10 keburukan dan akan diangkat 10 derajatnya. Setiap satu bulu, akan diganti menjadi istana di surga,” jelas Ramaini.

Usai salat, warga perumahan ini menyembelih 4 ekor lembu dan 3 ekor kambing. Salah seorang peserta kurban, Devi Maharani Sembiring mengaku senang bisa menjalankan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah yakni menyembelih hewan kurban.

“Setiap tahunnya pada Hari Raya Idul Adha keluarga kami selalu berkurban,” jelas mahasiswi Fakultas Hukum UMSU tersebut.

Penulis/Editor : Yudis

 

2 thoughts on “Coba Kabur Saat Akan Disembelih, Seekor Sapi Warga BSP Lubukpakam Nyangkut di Tembok

  1. Terima kasih Binet Chanel yang telah memberitakan tentang Sholat Idul Adha 1441 H / 2020 M dan Penyembelihan Qurban di BSP.
    semoga tetap eksis dalampembwritaan yang aktual dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021 © BicaraIndonesia.net
error: Content is protected !!