x

Didampingi Dosen Unimed, Masyarakat Kampung Sejahtera Rintis Eco-wisata

3 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 23:32 0 265 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Masyarakat Kampung Sejahtera di kawasan Jalan KH Zainul Arfin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, terus melakulan terobosan.

Usai melepaskan diri dari bayang-bayang narkotika, kali ini mereka bersama merintis Eco-wisata susur Sungai Babura. Untuk memaksimalkan cita-cita, Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Unimed turut mendampingi.

Kegiatan pendampingan rintisan Kampung Eco-Wisata ‘Susur Sungai Babura’ berbasis Komunitas Tourism Literacy, pada Senin (18/9/2023) tersebut digelar di Pendopo Kampung Sejahtera dan turut melibatkan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FIP Unimed.

Selain Ketua tim Mahfuzi Irwan, tampak hadir sejumlah anggota diantaranya Yusnadi MS, Yuzia Eka Putri, Melly Br Bangun, Rachel Elisabet Ginting, Dika Dona Syahputra, Azzahwa dan Cristina Saragih.

Tim Dosen PKM Unimed membuat rancangan produk seperti katalog destinasi Ekowisata Susur Sungai babura yang kemudian produk tersebut didesiminasikan kepada masyarakat kampung sejahtera.

Kemudian melakukan pendampingan kepada masyarakat kampung sejahtera guna mendukung eksistensi destinasi ekowisata susur sungai babura.

Pendampingan tersebut menghadirkan narasumber dosen Universitas Sumatera Utara (USU), Ilham Mirzaya Putra yang memaparkan materi mengenai peran komunitas dalam rintisan kampung eco-Wisata Susur Sungai babura.

Humas Unimed Eko Haryanto menyampaikan materi mengenai pemanfaatan fotografi sebagai media promosi eco-Wisata Sungai Babura.

“Kegiatan ini dalam rangka pengabdian kami sebagai dosen untuk masyarakat yang nanti tujuan akhir membuat booklet pariwisata dan memberikan Pendampingan Rintisan Kampung Eco-Wisata ‘Susur Sungai Babura’ Berbasis Komunitas Tourism Literacy di Kampung Sejahtera Kota Medan,” kata Mahfuzi.

Kemudian, Mahfuzi menjelaskan, pihaknya melihat Sungai Babura dan Kampung Sejahtera memiliki potensi yang besar.

“Terutama dalam Wisata Susur Sungai, bidang kuliner dan UMKM. Selain tempatnya yang strategis, besar harapan kami partisipasi dari masyarakat dalam membangun Kampung Sejahtera menjadi Kampung eco-Wisata Kota Medan. Kami juga akan menyerahkan bantuan berupa pelampung dan booklet wisata yang dapat digunakan untuk pengembangan pariwisata di Kampung Sejahtera Kota Medan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda-pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid mengapresiasi program pendampingan yang dilakukan oleh Tim Dosen Unimed dan mahasiswanya.

“Intinya kita menyambut baik apa yang dilakukan tim dari Unimed di Kampung Sehjahtera ini,” Rasid.

Dijelaskannya, sepanjang kegiatan itu positif dan memberi manfaat bagi orang banyak, pihaknya tetap membuka pintu selebar-lebarnya.⁵

Senada dengan itu, Kepala Lingkungan Kampung Sejahtera, Safriadi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh tim PKM Unimed, karena wisata sungai babura sempat vakum, terkendala akibat kurangnya pengunjung, kurangnya SDM dan kondisi alam.

“Pendampingan ini sangat baik dan bermanfaat bagi kami, untuk memberikan edukasi positif dalam menjaga dan merawat kampung kami menjadi Kampung eco-Wisata Susur Sungai Babura,” katanya.

 

Karena itu, Kepling berharap, pendampingan ini memberi manfaat bagi orang banyak, terlebih warga Kamoung Sejahtera.

 

“Mudah-mudahan setelah pendampingan ini dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan destinasi ekowisata susur sungai babura khususnya masyarakat Kampung Sejahtera agar kendala-kendala tadi perlahan semakin teratasi mewujudkan destinasi ekowisata susur Sungai Babura hanya bisa dilakukan apabila semua pihak bergandengan tangan, gotong royong baik dari akademisi, Pemerintah Kota Medan, komunitas-komunitas hingga para tokoh masyarakat dan masyarakat Kampung Sejahtera.

Editor : Ty/*

LAINNYA
x