x

Duh..!! Bendera Robek Berkibar di SMPN 1 Sibolga

2 minutes reading
Wednesday, 30 Sep 2020 10:37 0 196 admin

BICARAINDONESIA-Sibolga : Bendera merah putih yang berkibar di SMP Negeri 1 Sibolga, Kel. Pancuran Gerobak, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumut, pada Rabu (30/9/2020), tampak dalam kondisi robek.

Pengibaran bendera dalam kondisi memprihatikan itu merupakan tindaklanjut dari surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang mengimbau instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020.

Hal itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020. Surat edaran ini juga juga langsung ditandatangani Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

Bunyi surat edaran itu, Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 WIB waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh.

Namun imbauan itu sepertinya tidak berlaku bagi Kepala Sekolah SMPN 1 Sibolga. Bendera kusam plus dalam kondisi robek dibiarkan berkibar seolah tidak pernah diturunkan.

Padahal, ada ancaman pidana dibalik perbuatan itu seperti yang diatur dalam Pasal 24 huruf c yang isinya mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam dengan ketentuan pidana Pasal 67 huruf b.

Isinya, apabila dengan sengaja mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, maka dapat dipidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp100 juta.

Atas hal itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Sibolga diminta agar menegur Kepala Sekolah SMPN1 Sibolga, yang seolah mengabaikan peraturan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala sekolah SMPN 1 Sibolga belum dapat dikonfirmasi.

Penulis : Benny
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x