x

Gelar Salat Idul Adha 1441 H, BKM Masjid Raya Al Mashun Medan Terapkan Protokol Kesehatan

2 minutes reading
Friday, 31 Jul 2020 03:55 0 118 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Masjid Raya Al Mashun, menjadi salahsatu lokasi yang menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriah di Kota Medan, Jum’at (31/7/2020).

Pantauan di masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Deli itu, tampak ribuan jamaah hadir untuk menunaikan ibadah salat tersebut. Sedangkan bentuk kepatuhan terhadap imbauan pemerintah di masa pandemi, pihak Badan Kenaziran Masjid (BKM), tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menyiapkan berbagai fasilitas.

Selain itu, jamaah hadir sudah sejak pukul 06.30 WIB juga tampak menggunakan masker dan membawa sejadah masing-masing dari rumah.‎ Begitu juga, para jamaah diminta melewati bilik desinfektan dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang disediakan di berbagai sudut masjid.

BKM Masjid Raya Al Mashun Medan turun menyediakan bilik sanitizer bagi jamaah yang akan mengikuti salat Idul Adha/foto : bsp

Kendati shaf salah hingga keluar bangunan masjid dan sampai ke jalan, pelaksanaan ibadah berlangsung dengan khidmat‎. Pelaksanaan salat Idul Adha ini, diawali dengan tradisi kesultanan Melayu. Dimana Pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al Haj datang mengenakan baju khas melayu dan dikuti para pengawal saat memasuki masjid dengan kumandang takbir dan azan.

Datok Empat Suku Kesultanan Deli, Aidil Fredy Abraham mengatakan, prosesi tersebut merupakan tradisi rutin di masjid yang berdiri pada tahun 1909 silam itu.

“Alhamdulilah kalau dari BKM Masjid Raya Al-Mashun atau bagian dari Kesultanan Deli semuanya kita sudah mengacu pada protokol kesehatan yang diatur pemerintah,” tutur Aidil.

Ia juga menjelaskan, pihak BKM Masjid Raya Medan terus mengimbau para jamaah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan antisipasi penyebaran COVID-19 setiap kegiatan di masjid beralamat di Jl. Sisingamangaraja Medan itu.

“Kita juga selalu BKM selalu menyarankan kepada jamaah agar membawa masker dan  sajadaah sendiri dan mengikuti protokol kesehatan,” harap Aidil.

Penulis : BSP
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x