x

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 2,5 Km

1 minutes reading
Sunday, 9 Jan 2022 08:32 0 180 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran sejauh 2,5 kilometer sekitar pukul 13.35 WIB, Minggu (9/1/2022). Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas guguran tercatat pada seismogram dengan amplitudo 31 mm dan durasi 204 detik.

“Jarak luncur 2.500 meter ke arah barat daya. Arah angin ke timur,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Minggu (9/1).

Berdasarkan pantauan BPPTKG, terjadi juga hujan di puncak Gunung Merapi dengan total curah hujan 18 mm mulai pukul 13.17 WIB.

“Saat ini hujan masih berlangsung. Masyarakat yang beraktivitas di sungai-sungai yang berhulu di Merapi agar mewaspadai bahaya lahar hujan,” kata Hanik.

Sementara itu, pengamatan BPPTKG pada Sabtu (8/1) kemarin, teramati guguran lava pijar sebanyak 11 kali dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya.

Sampai saat ini, Gunung yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah itu masih berada di Level III atau Siaga sejak 5 November 2020 lalu.

Dengan status ini, masyarakat diimbau selalu waspada terhadap berbagai potensi bahaya. Misalnya berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah Sungai Woro, dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x