x

Jaringan Penyulang Tertimpa Tiang Tower Provider Internet, Listrik di Seputaran Medan Padam

2 minutes reading
Wednesday, 30 Sep 2020 03:25 0 176 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur hampir seluruh kawasan di kota Medan pada Selasa malam, 29 September 2020, kembali memicu bencana.

Dampak dari cuaca ekstrim tersebut, membuat sebuah tiang tower jaringan internet milik sebuah provider tumbang dan menimpa jaringan listrik.

Peristiwa tersebut terjadi di Jl. Merbau , Komplek Merbau Emas, Kel. Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Akibat dari kejadian itu, aliran listrik di seputaran wilayah tersebut padam..

Data yang dihimpun dilapangan, hal itu diketahui berdasarkan laporan via pesan singkat Whatsapp yang dikirim Kepala Lingkungan setempat, Setiawan yang menyampaikan bahwa sebuah tower jaringan internet yang berdiri diatas bangunan ruko bertingkat 3 tumbang hingga mengenai jaringan listrik milik PLN serta menyebabkan aliran listrik langsung ‘byarpet’.

Kepala Teknik PLN Medan Baru, H. Ahmad Basyiruddin, ST dalam keterangannya menyampaikan, tumbangnya sebuah tower jaringan internet sebuah provider memang menjadi penyebab gangguan jaringan listrik.

“Akibat dari tumbangannya tower itu, jaringan sistem penyaluran energi listrik milik kita menjadi terganggu dan berakibat terjadi pemadaman pada sebahagian wilayah kota Medan diantaranya Jl. Merbau, Jl. Siskambing, Jl. Kruing, Jl. Damar, Jl. Iskandar muda, dan daerah yang link jaringannya sama dengan jaringan yang tertimpa oleh tiang tower,” urainya.

Basyir juga menjelaskan bahwa Penyulang GG3 (nama kode jaringan) diinformasikan padam sekitar pukul 22.26 WIB oleh Dispacher 20 KV.

Kemudian pihaknya langsung melakukan pelacakan atas informasi tersebut dan tidak lama kita mendapatkan informasi dari grup whatsapp stakeholder bahwa ada tiang tower yang tumbang dan mengenai jaringan listrik milik PLN.

Dalam kondisi cuaca yang kurang baik, tim segera menuju lokasi dan bersama masyarakat yang datang tim PLN saling bekerja sama melakukan pemulihan secara bertahap dan sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan agar tidak menimbulkan efek bahaya bagi petugas dan masyarakat sekitar.

“Setelah berjibaku dibawah guyuran hujan deras, kurang lebih 6 jam tepatnya pukul 05.30 WIB, aliran listrik dapat kita pulihkan dan tiang tower telah kita lokalisir dengan aman,” ungkap Basyir

Sementara Manager PLN UP3 Medan, Dian Herizal, Saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kejadian yang terjadi tadi malam benar dan terjadi akibat cuaca ekstrim hingga menyebabkan tiang tower provider menimpang jaringan listrik.

“Alhamdulillah tim pemulihan yang bekerja secara maksimal dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sudah berhasil mengatasinya,” tutup Dian.

Penulis/Editor : Teuku

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x