x

Laksanakan P5, SMA Negeri 5 Medan Terapkan Kurikulum Merdeka

2 minutes reading
Tuesday, 19 Dec 2023 22:04 0 106 Amri Abdi

BICARAINDONESIA-Medan : Sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Provinsi Sumatera Utara, SMA Negeri 5 Medan, mulai tahun ajaran 2023-2024 menerapkan Kurikulum Merdeka, yang mengusung pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
Implementasi dari P5 menyasar kepada siswa/i kelas X (sepuluh) atau Fase E. Kurikulum Merdeka ini terbagi menjadi dua pembelajaran, yaitu intrakurikuler dan kurikuler.
Pembelajaran intrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dijalankan sesuai jadwal belajar efektif di dalam kelas. Sedangkan, pembelajaran kurikuler adalah kegiatan pendidikan yang mengembangkan potensi, minat dan bakat siswa/I, sebagai aktualisasi atau pengayaan mata pelajaran yang sudah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler.
Sebelumnya, pada tanggal 12 September 2023, SMA Negeri 5 Medan telah memulai kegiatan P5 dengan pemilihan tema berupa kewirausahaan, kearifan lokal dan Bhineka Tunggal Ika, yang akan diangkat dan dikerjakan sebagai projek bagi siswa/i baru TA 2023-2024.
Ghea, salah satu siswi SMA Negeri 5 Medan kelas X yang mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini sangat bermanfaat.
“Kegiatan P5 ini sungguh sangat bermanfaat, terutama dalam menumbuhkan solidaritas dan membangun karakter yang berwawasan tinggi,” kata Ghea.
Nantinya, semua hasil kegiatan P5 siswa/i SMA Negeri 5 Medan ini akan dipamerkan melalui ‘Panen Raya Kreativitas SMA Negeri 5 Medan’, yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Penulis / Editor : rill/ Amri

LAINNYA
x