x

Laporan PVMBG Malam ini, Sinabung 8 Kali Lepaskan Awan Panas Guguran

2 minutes reading
Thursday, 13 May 2021 15:07 0 140 admin

BICARAINDONESIA-Karo : Tepat di tengah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menunjukkan peningkatan aktivitas.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, intensitas itu terlihat pada Kamis malam (13/5/2021), ketika awan panas guguran (APG), berulangkali dimuntahkan dari bibir kawah gunung setinggi 2460 mdpl itu.

Petugas PVMBG Armen Putra dalam laporan tertulisnya menyebutkan, terjadi awan panas guguran yang terus menurus di gunung mulai pukul 20.37 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

“Terjadi 8 kali awan panas guguran dari pukul 19.37 sampai 21.30 WIB Dengan amplitudo max 120 dan lama gempa 197 – 443 detik.  jarak dan arah luncuran tidak teramati karena tertutup kabut,” demikian dituliskan Armen.

Karena itu ia tetap berharap, masyarakat tidak ada yang berada di zona merah.

Apalagi sampai saat ini, PVMBG masih memberlakukan sejumlah rekomendasi bagi masyarakat untuk mewaspadai gunung berstatus Siaga atau Level III tersebut. Rekomendasi itu antara lain
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Penulis/Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x