x

Luncurkan Program Super Merdeka UMKM/IKM dan Pegawai Berpakaian Adat, Cara PLN Meriahkan HPN 2020

4 minutes reading
Saturday, 5 Sep 2020 05:05 0 152 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggannya, sekaligus masih dalam rangkaian Gebyar HUT Kemerdekaan RI kr 75, persis di Hari yang jatuh pada 4 September 2020, PT PLN (Persero) memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM) dengan meluncurkan Program “Super Merdeka UMKM/IKM”.

Program Layanan yang berlaku sejak 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020 ini, diberikan kepada pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 VA sampai dengan daya 13,200 VA dengan pilihan daya sampai dengan daya 16,500 VA.

Program yang kini juga mulai disosialisasi jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan itu, ditujukan untuk memberdayakan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi UMKM dan IKM.

Manager PLN UP3 Medan, Dian Herizal saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, menindaklanjuti penyampaian direksi, bahwa sebagai wujud hadirnya PLN ditengah masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM dan IKM, perusahaan BUMN ini kembali memberikan keringanan biaya tambah daya yang Super Ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi.

“Mengingat UMKM/IKM adalah backbone kegiatan ekonomi pada saat ini, layanan Super Merdeka merupakan kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya dan PLN senantiasa meningkatkan pelayanan dan memastikan ketersediaan pasokan listrik,” terangnya.

Lewat program ini juga, sambungnya, PLN ingin memberikan ruang lebih besar kepada para pelanggan UMKM/IKM dari yang ada di seluruh Indonesia terutama Kota Medan untuk bisa meningkatkan bisnisnya dengan layanan yang super murah ini.

Sedangkan sebagai bentuk keikutsertaan PLN UP3 Medan dalam merayakan dan memeriahkan HPN 2020, begitu terasa lewat hiasan seluruh kantor Unit Layanan dengan pernak pernik beraneka ragam.

Tak itu saja, pegawai juga tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah sebagai cerminan suku di tanah air sebagai simbol penghargaan kepada pelanggan dan negara.

Terpisah, dalam Kesempatan yang sama PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIWSU) juga memperingati HPN 2020 dengan menggelar Webinar peduli pelanggan dengan tema Kesiapan Sistem Kelistrikan dan Pelayanan Pelanggan untuk Mendukung Investasi di Sumatera Utara, yang diikuti Seluruh Manager Unit, stakeholder dan pelanggan, Jum’at, 4 September 2020.

Dalam kegiatan itu, General Manager PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra mengatakan, PLN selalu berkomitmen untuk terus hadir dan tumbuh bersama pelanggan.

Berdasarkan data per 29 Mei 2020, PLN telah memberikan bantuan pemulihan ekonomi untuk masyarakat sebesar Rp14,05 miliar melalui PLN Peduli, Rp 23,8 miliar donasi pegawai, Rp 7,77 miliar aksi solidaritas Yayasan Baitul Maal PLN serta Rp3,654 triliun stimulus listrik gratis.

Khusus untuk stimulus listrik berupa discount listrik bagi pelanggan tarif rumah tangga daya 450VA sebesar 100% dan 900 VA sebesar 50%, telah diperpanjang hingga Desember 2020.

“Sementara untuk meringankan beban di sektor UMKM, PLN juga memberikan discount 100% bagi pelanggan bisnis kecil (B1/450VA) serta industri kecil (I1/450VA) hingga Desember 2020,” sebut Irwansyah.

Disamping itu, PLN juga memberikan stimulus energi minimum dan abodemen untuk pelanggan tarif I (Industri), B (Bisnis) dan S (Sosial) mulai dari daya 1300VA sejak Juli sampai dengan Desember 2020. Pelanggan dengan kelompok tarif dan daya tersebut cukup membayarkan tagihan sesuai dengan pemakaian tanpa dikenakan abodemen atau energi minimum.

“Selain itu, untuk pelanggan tarif rumah tangga R1 (1300-2200 VA), tarif R2, tarif R3, serta tarif bisnis tegangan rendah (B2) dan tarif P1 juga mendapatkan stimulus penurunan tarif listrik sebesar Rp 22,58 per kWh, penurunan Tarif listrik ini efektif berlaku mulai bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020”, tutur Irwansyah.

Dalam kesempatan ini Manager HR PT Agincourt Resources, AR Burhan sebagai perwakilan pelanggan menyampaikan apresiasi atas layanan PLN.

Menurut Burhan, selama ini tidak ada kendala kelistrikan sehingga proses produksi PT Agincourt dapat berjalan lancar. “Saya berterimakasih atas layanan terbaik dari PLN. Selama ini tidak pernah ada kendala, meskipun dalam kondisi Covid seperti saat ini,” ungkap Burhan.

Senada juha disampaikan Manager Pembibitan PT Indofood Fritolay Makmur, Suryanto Lim dalam testimoninya. Suryanto mengatakan bahwa kualitas kelistrikan untuk mendukung proses bisnis PT Indofood Fritolay Makmur tidak terkendala meskipun dalam kondisi pandemik Covid-19.

Dengan program-program yang telah diluncurkan oleh pemerintah melalui badan usahanya, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terutama para pelaku usaha, sehingga kegiatan ekonomi dapat terus tumbuh dan berkembang melalui masa pandemi Covid-19.

Penulis : MB
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x