x

Marga Berutu Bulatkan Tekad, Dukung Sonni di Pilkada Pakpak Bharat

2 minutes reading
Sunday, 14 Jun 2020 14:03 0 257 admin

BICARAINDONESIA-Pakpak Bharat : Berutu adalah salah satu marga di etnis di Pakpak yang unik. Bisa berada dimana-mana dan ketika lebbuh memanggil maka berutu bisa bersatu. Kemarin, Sabtu, 13 Juni 2020 salah satu moment sejarah luar biasa mencatatkan selama 16 tahun Kab. Pakpak Bharat, Berutu selalu berperan penting di setiap perhelatan politik.

Tahun 2005 ada tim Alm Muger Berutu-H Makmur Berasa. Tahun 2010 ada Berutu di Kasea (kadirun-mansehat), ada tim Juzur (Jusen-Zuhri), Enlebbe (Erison-Letce).
Tahun 2015 ada tim RYB-Maju ,bahkan di setiap calon lain yang bukan pasangan marga berutu, tapi peran besar berutu cukup signifikan di tim tersebut dan menjadi personel inti.

Bahkan di tahun 2018 terjadi perhelatan politik di Kab. Dairi dimenangkan oleh pasangan berutu. Hal itu pun semakin membuktikan bahwa peran Berutu sangat berpengaruh di setiap perhelatan.

Pada hari Kamis lalu, 11 Juni 2020, berutu kembali berkumpul di Pertulanen Rumerah salah satu situs bersejarah yakni Makam Nenek Moyang dan Mejan peninggalan berutu di Desa Ulumerah, Kec. Sitellu Tali Urang Julu dan pada Sabtu, 13 Juni 2020 kemarin, berutu kembali melaksanakan napak tilas jiarah ke bekas istana Mbale Kerarasen sebagai Istana Mpung Berutu di Kenegerian Sitellu Tali Urang Jehe dan tempat pemandian nenek moyang di Pancur Sipitu yg terdiri dari 7 pancur yang dulu diyakini bisa membantu menyembuhkan penyakit untuk menyatukan tekad sebagau partisipasi dalam perhelatan di kab pakpak bharat.

Fenomena yang luar biasa dimana semua tim yang selama ini terpecah dalam tim kecil pada Sabtu kemarin melebur menjadi satu tim besar mengatas namakan BERUTU, dan ikut mendampingi Sonni P Berutu. Seluruhnya pun bersepakat mendukung putra terbaik marga berutu untuk ikut mencalonkan diri menjadi Bupati Pakpak Bharat.

Pada even tersebut seluruh lebbuh atau sebutan lain dari wilayah kerajaan kecil di marga berutu yang dipimpin oleh Pertaki menyatakan sikap ikut serta berjuang bersama Sonni Berutu memenangkan kompetisi pilkada nanti.

Masyarakat Berutu yang ada di rantau diwakili oleh salah satu tokoh besar marga berutu dari medan Drs. H Letce Berutu ikut serta sekaligus menyatakan sikap dan dukungan kepada Sonni Berutu, agar ia tidak ada lagi keraguan untuk ikut serta dalam perhelatan politik.

Adapun harapan dari marga Berutu Berru Deket Berena yang menjadi penduduk yang cukup dominan di Pakpak Bharat ini dapat membangun menuju kabupaten yang berdaulat secara ekonomi, dan menjadikan Pakpak Bharat sebagai pusat peradaban budaya Pakpak di dunia, sehingga pada saatnya kemudian Pakpak Bharat maju bersendikan adat dan budaya pakpak ungkap Letce.

Penulis : Idem Berutu
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x