‘ Menuju Indonesia Tangguh’, Fisip Undhar Akan Gelar Semnas Seri ke-4

Ketua panitia seminar nasional, Muya Syaroh Iwanda Lubis, M.Ikom, yang juga dosen Undhar, saat ditemui di ruang kerjanya, kamis (23/6/2022). / Foto : Binet-Widi

BICARAINDONESIA-Medan : Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip) Universitas Dharmawangsa (Undhar), Sabtu (25/6/2022), akan menggelar Seminar Nasional (Semnas) secara daring.

Seminar Nasional kali ini mengangkat tema ‘Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Tangguh (Sustainable Development Goals)’.

Ketua panitia Seminar nasional Muya Syaroh Iwanda Lubis,M.Ikom dir ruang kerjanya, kamis (23/6/2022), mengatakan bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang di sepakati oleh pemimpin dunia.

“Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan suatu rencana aksi global dan disepakati oleh pemimpin dunia, termasuk Indonesia bertujuan untuk menjadikan pembangunan berkelanjutan. Hal ini di harapkan untuk, mengakhiri kemiskinan, kesenjangan, dan melindungi lingkungan,” jelas Muya.

Dalam Semnas kali ini juga mengadakan call of paper, guna menjadi wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka. Nantinya tulisan yang telah di seleksi oleh panitia dan di anggap layak, akan dipublish di Sinta 2 dan Sinta 6, selebihnya akan masukan ke Prosiding.

Untuk Prosiding ada harga khusus bagi mahasiswa sebesar 150.000 per makalah, sementara
untuk mengikuti seminar nasional ini hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar 20.000 per peserta dan 300.000 per pemakalah.

Opening Remark pada Semnas kali ini akan diisi oleh Walikota Medan Bobby Afif Nasution, SE. MM, Rektor Universitas Dharmawangsa Dr.H.Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib Lc.MA dan Dekan FISIP Dr. Kariaman Sinaga, MAP.

Panitia berharap Seminar nasional kali ini tercapainya 17 point dalam SDGs dan bagi mahasiswa mampu mempraktekan apa yang disampaikan oleh narasumber.

“Kemiskinan membuat kesadaran kita akan pentingnya berbagi, karena usaha pemerintah untuk mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk. Hal ini termasuk dalam 17 tujuan SDGs dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada 2030,” harapan Muya Syaroh yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Dharmawangsa.

Adapun narasumber yang di daulat sebagai pemateri di anggap memiliki kemampuan yang cukup memumpuni, seperti Dr.Encep Sopandi,S.Sos,M.Si (wakil Direktur I Bidang Akademik Pascasarjana Universitas Nurtanio), Ade Jona Prasetyo,SH (ketua BPD HIPMI Sumut), Dr. Jhon Simon, M.Si (dekan FTIK Undhar) dan Dr. Maria Ulfa Batoebara ,M.Si (kaprodi Ilmu Komunikasi).

Selain narasumber di atas, Prof.Agus Pramusianto, MDA, Ph.D selaku Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) juga di dapuk menjadi Keynote Speaker, yang akan memaparkan inti dari Seminar nasionals seri ke-4 ini.

Penulis : CW-Widi
Editor : Amri Abdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *