x

Meski Masih Pandemi, Menhub Pastikan Tidak Ada Larangan Mudik 2021

2 minutes reading
Tuesday, 16 Mar 2021 07:02 0 112 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, tidak ada larangan untuk mudik pada tahun 2021 ini meski pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Hal ini disampaikannya pada rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021), yang membahas sejumlah hal, termasuk kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik Lebaran kali ini,

“Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” ungkapnya dalam rapat kerja yang dipantau secara daring.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas (Covid-19) untuk mengatur mekanisme mudik dengan pengetatan dan tracing terhadap mereka yang mudik.

Menhub melanjutkan, menjelang mudik, dipastikan jumlah angkutan yang melintas mengalami lonjakan. Khusus untuk tahun ini, ada beberapa faktor yang mendasari prediksi tersebut.

Seperti, hadirnya vaksin yang meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk bepergian. Kemudian, tes GeNose yang dipasang di stasiun kereta api dengan harga murah juga membuat masyarakat ingin melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, relaksasi pajak PPnBm 0 persen juga turut meningkatkan minat masyarakat untuk membeli mobil.

“Oleh karena itu protokol kesehatan harus terus ditegakkan. Kita juga antisipasi terhadap bencana alam dan kondisi cuaca,” kata Menhub.

“Kemenhub sebagai koordinator nasional angkutan lebaran berharap, mudik akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, saya minta dukungan Bapak dan Ibu Komisi V agar mudik dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Sumber: Kompas.com

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x