x

Muhammadiyah Ucap Terima Kasih ke Jokowi Gegara Libur Idul Adha Bertambah

2 minutes reading
Tuesday, 20 Jun 2023 16:39 0 210 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Pemerintah telah menetapkan libur Idul Adha 2023. Dimana kini libur Idul Adha bertambah menjadi tiga hari.

Terkait putusan itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya Presiden Jokowi yang telah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur Idul Adha 28 Juni 2023,” ujaf Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti kepada awak media, Selasa (20/6/2023).

Untuk diketahui, Muhammadiyah sebelumnya mengusulkan agar libur ditambah dua hari karena ada perbedaan waktu Idul Adha. Pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada 29 Juni, sedangkan Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada 28 Juni.

Mu’ti mengatakan bahwa pemerintah telah mengakomodasi aspirasi warga dengan penambahan libur Idul Adha tersebut. Dengan begitu, kata Mu’ti, umat Islam dapat menunaikan Idul Adha dengan damai.

“Penambahan tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap Konstitusi terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Dengan tambahan hari libur, umat Islam dapat melaksanakan ibadah salat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai,” kata Mu’ti.

Mu’ti juga menyampaikan imbauan kepada warga Muhammadiyah untuk tetap menjaga kerukunan. Dia meminta pembagian hewan kurban dilakukan pada 29 Juni.

Seperti diketahui, Pemerintah menetapkan cuti bersama Idul Adha selama dua hari sehingga terjadi masa libur panjang dari Rabu hingga Minggu. Pemerintah mengungkap pertimbangan-pertimbangan di balik keputusan tersebut.

Keputusan cuti bersama itu diteken oleh tiga menteri, yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Menaker Ida Fauziyah.

Dalam SKB tiga menteri itu, tertulis libur Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Selanjutnya, ada dua hari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, yakni pada Rabu, 28 Juni 2023, dan Jumat, 30 Juni 2023.

Sehingga dengan begitu, total libur selama masa perayaan Idul Adha adalah lima hari. Long weekend pun bakal dinikmati warga, yakni Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

LAINNYA
x