x

Pembangunan di Aek Sitio-tio Dirasakan Warga, Horan : Terimakasih Bupati Tapteng

2 minutes reading
Friday, 11 Dec 2020 04:24 0 273 admin

BICARA INDONESIA-Tapanuli Tengah : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara merupakan salah satu penerima program bantuan Dana Kelurahan (Dankel). Bantuan itu juga tidak luput dari perhatian Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bukti itu seperti yang terlihat di Kelurahan Aek Sitio-tio, Kec. Pandan. Anggaran yang disalurkan tampak dimanfaatkan untuk pembangunan sarana dan prasarana sejak tahun 2019.

“Acuan kita didasari Permendagri No.130 Tahun 2018 tentang kegiatan Pembangunan Sarana & Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan,” kata Horan.

Masih kata Horan, surat edaran Mendagri No.146/2694/SJ tgl.27 Maret 2019 tentang Petunjuk Teknis Kegiatan Pembangunan Sarana & Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan TA.2019, di Kelurahan Aek Sitio-tio, Kec. Pandan bahwa pembangunan yang bersumber dari dana kelurahan sangat dirasakan kemajuannya oleh masyarakat setempat.

“Karena sesuai juknis tersebut pembangunan dana kelurahan wajib dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) sejak dimulai dari 2019 lalu, beberapa program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat telah terlaksana di Kel.Aek Sitio-tio seperti,” sebutnya.

Sementara pembangunan yang sudah terealisasi yakni pembangunan, rabat beton sepanjang 400 meter, normalisasi saluran drainase dan kegiatan senam kebugaran Lansia. Sedangkan untuk Tahun 2020 pembangunan yg telah terealisasi di Kel. Aek Sitio-tio sebanyak 4 paket kegiatan antaranya.

1.Pembangunan Rabat Beton sepanjang 257 meter, pembangunan parit drainase spanjang 100 meter, pembangunan 3 unit Plat Duiker (gorong-gorong), Pengadaan LPJU PLTS tenaga surya sebanyak 3 unit. Dan kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 tahap selama tahun 2020.

“Pembangunan infrastruktur tahap 2 masih dalam proses,” ujar Horan.

Khairul Sihombing, Ketua LPM dan Ketua Pokmas Kelas, Aek Sitio-Tio mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul, yang terus memperjuangkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Tapteng.

“Terima kasih pak telah menganggarkan dana kelurahan khususnya di kelas. Sitio-Tio. Kegiatan ini positif dampak pembangunan telah dirasakan masyarakat, ditambah membantu ekonomi kami selaku masyarakat bawah dengan cara memberikan peluang kepada masyarakat untuk terlibat secara langsung membenahi wilayah kami,” ucapnya.

“Walaupun suasana saat ini masih pandemi covid-19, kiranya tidak mengurangi perhatian dari Pemkab Tapanuli Tengah akan pentingnya pembangunan di kelurahan dengan cara mempertahankan dan menganggarkan kembali dankel ini untuk periode tahun berikutnya” imbuhnya.

Apresiasi juga diucapkan oleh Abdul Baid Pohan, SE selaku ketua Pemuda Muslimin Indonesia, Tapanuli Tengah dan H. Imam Safii Simatupang, SE, mewakili Dewan Kesenian Tapteng, atas kinerja Lurah Aek Sitio-Tio, sehingga terlaksananya pembangunan yang diharapkan masyarakat.

“Pembangunan di kelurahan Aek Sitio-Tio, Kec. Pandan semoga kedepannya lebih baik lagi apa harapan masyarakat dapat diterima karena nantinya masyarakat juga yang akan merasakan pembangunan tersebut,” timpal Baid Pohan.

Penulis : Benny
Editor : Teuku

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x