x

Pemkab Tapteng Lepasliarkan 115 Ekor Penyu Lekang di Pantai Binasi

2 minutes reading
Sunday, 24 Jan 2021 02:41 0 140 admin

BICARAINDONESIA-Tapanuli Tengah : Sebanyak 115 ekor tukkik jenis penyu lekang, dilepasliarkan Pemkab Tapanuli Tengah di Pantai Binasi, Kec. Sorkam, Tapteng pada Sabtu siang (23/01/2020). Prosesi itu dipimpin langsung Bupati setempat Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Tampak pula dalam mendampingi pelepasan itu antara lain Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dan Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik.

“Sebanyak 115 ekor Tukik jenis Penyu Lekang yang dilepas Liarkan itu adalah Hasil dari Penangkaran Kelompok Konservasi Penyu Pantai Binasi,” terang Bakhtiar.

Bakhtiar Sibarani dalam sambutannya menjelaskan bahwa Penyu Lekang adalah merupakan salah satu dari tujuh spesies penyu langka di Dunia. Enam dari tujuh spesies penyu langka di dunia ini berada di Indonesia, antara lain Penyu Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Pipih, Penyu Sisik, Penyu Tempayan, dan Penyu Lekang.

Bupati Tapteng juga berpesan kepada masyarakat, nelayan, dan semua pihak agar menjaga dan melestarikan keberlangsungan hidup Penyu ini, yang saat ini terancam punah.

“Saya berpesan kepada kita seluruhnya, baik masyarakat, nelayan, dan pihak manapun agar menjaga dan melestarikan keberlangsungan hidup penyu, dan jangan sampai penyu ini punah. Manfaat penyu sangat baik dalam menjaga ekosistem laut, keberadaan penyu juga saat ini terancam punah,” sebutnya.

“Terima kasih kepada Kolompok Konservasi Penyu Pantai Binasi, dan seluruh pihak yang telah bekerja dengan baik dalam melestarikan keberlangsungan hidup penyu di Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” imbuhnya.

Turut hadir dalam pelepasliaran Tukik jenis Penyu Lekang itu, yakni Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Sorkam Barat, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Sorkam Barat, serta Kelompok Penangkar Penyu.

Penulis : Benny/rel

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani saat melepasliarkan penyu di laut Pantai Binasi/foto : ist

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x