x

Pendaftaran CPNS akan Dibuka, Kenali Fitur Baru Portal SSCASN

2 minutes reading
Monday, 24 May 2021 07:59 0 145 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Pada akhir Mei 2021 penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 diperkirakan akan diumumkan.

Seleksi calon ASN kali ini, dikatakan Ketua BKN Bima Haria Wibisana, hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran yakni Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Portal tersebut, yakni sscasn.bkn.go.id yang terdiri dari portal CPNS (sscn.bkn.go.id), PPPK  (ssp3k.bkn.go.id), dan Sekolah Kedinasan 2021 (dikdin.bkn.go.id).

SSCASN akan memiliki beberapa fitur baru. Adapun sejumlah fitur baru itu, yakni:

1. Data sudah terintegrasi

Salah satu fitur baru di portal SSCASN, yakni portal SSCASN sudah terintegrasi dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti,” ujar Bima dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/5/2021).

2. Peserta bisa mengakses seluruh formasi

Kali ini, peserta seleksi ASN bisa mengakses seluruh formasi yang dibuka pemerintah. Inovasi baru ini berbeda dengan sebelumnya di mana pada portal SSCASN sebelumnya peserta hanya bisa melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing instansi.

Untuk tahun ini, melalui portal SSCASN, peserta bisa mengakses seluruh informasi formasi yang dibuka pemerintah.

3. Face recognition

BKN saat ini tengah mempersiapkan fitur tambahan pada sistem CAT BKN yakni face recognition.

Fitur tersebut berguna untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian sehingga bisa meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian.

Fitur ini diharapkan bisa menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi untuk mencegah terjadinya tindak kecurangan atau percaloan.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x