x

Peningkatan Produktivitas IRT Kelompok Budidaya Bebek Desa Sei Mencirim Kabupaten Deli Serdang

3 minutes reading
Sunday, 20 Sep 2020 10:30 0 105 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Deliserdang : Kegiatan pelatihan yang telah diadakan pada hari sabtu tanggal 25 juli 2020 lalu  merupakan rangkaian acara timeline Pengabdian kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) Politeknik LP3I Medan yang diprakarsai oleh  bapak Iswandi Idris, ST, MT yang beranggotakan ibu Zubaidah Hanum, SE, MSi serta ibu Ruri Aditya Sari MSc.

Pada pelatihan dengan serangkaian acara  dengan  materi seperti:

pelaksanaan pelatihan tentang pembuatan pakan alternatif, pelaksanaan pelatihan tentang praktek  peningkatan produksi telur, pelatihan promosi pemasaran serta produksi telur asin, pelatihan manajemen usaha  keuangan dan pemasaran yang disampaikan oleh pengabdi dengan merujuk literatur yang sudah dipublikasikan terdahulu.

Mengingat pandemi covid-19 yang sedang melanda maka Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring melalui aplikasi social media, zoom, whatsapp dan memanfaatkan  teknologi IT  baik secara teori maupun praktek dengan nara sumber, yaitu ketua Pelaksana PKMS yaitu Iswandi Idris, ST, MT    seorang pakar manufakturing lulusan Magister Teknik Industri USU.  Dan dilengkapi dengan Zubaidah Hanum SE, MM yang akan fokus menjelaskan tentang strategi marketing, serta anggota 2 PKMS Ruri Aditya Sari, MSc lulusan USM Malaysia pakar dibidang produksi pakan alternatif. Materi yang diberikan adalah praktek produksi pakan alternatif yang efektif dan ekonomis serta praktek  pemilihan bahan baku alternatif sesuai kadar gizi, praktek penggunaan teknologi tepat guna untuk meningkatkan jumlah produksi. teori dan praktek prosedur dan pengolahan bahan baku yang baik efektif dan ekonomis.

Gambar salah satu tangkapan layar diskusi daring bersama kelompok mitra

Presentasi Pelaksanaan Kegiatan via Daring

Dari hasil pelatihan ini banyak sekali manfaat yang didapat terutama jawaban terkait permasalah mitra utama terkait Harga pakan tinggi, Dalam hal ini mitra menginginkan pakan ternak alternatif yang murah namun mengandung energi, protein, karbohidrat, kalsium, dan phosfor yang tinggi. Ada banyak sekali pakan alternatif lain untuk mengganti kosentrat pakan ternak bebek petelur yang bisa didapatkan dialam maupun membeli dengan harga yang murah. Pakan dengan sumber protein tinggi memang sangat dibutuhkan oleh bebek petelur pada setiap harinya supaya lancar dalam bertelur. Akan tetapi kebutuhan akan zat gizi lain seperti karbohidrat, kalsium, vitamin dan gizi yang lainya juga harus diperhatikan. Manfaat lain adalah jawaban dari permasalah mitra terkait Produksi telur kurang, Akibat bebek stress mengakibatkan produksi menurun yang diakibatkan hal hal teknis seperti dijelaskan diatas. Pengaturan kandang yang harus ditata kembali agar bebek bisa senantiasa melakukan aktivitas produksi dan menghindari air hujan dan cuaca. serta menjawab permasalahan mitra terkait manajemen pakan yang masih kurang, manajemen kandang bebek yang rendah.

Praktek pengolahan pakan bebek alternatif untuk anak bebek

Presentasi layout kandang intensif (pencahayaan dan tempat makan dan minum terpisah)

Gambar pelatihan pembuatan telur asin

Alat oven telur asin kapasitas produksi 200-300 butir yang dilengkapi boiler mini bantuan dari tim PKMS untuk mitra kelompok IRT

Proses perebusan telur asin dengan menggunakan oven dan uap yang disalurkan dari boiler.

Dalam pengabdian ini tim pengabdi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan teknoilogi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Sesuai dengan Kontrak Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat, Nomor: 098/SP2H/PPM/DRPM/2020, tanggal 23 Maret 2020, yang telah mendanai pelaksanaan program pengabdian ini.
  2. LLDIKTI I Sumatera Utara yang telah mengkoordinir dan memfasilitasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini.
  3. LPPM Politeknik LP3I Medan yang telah mengkoordinir terlaksananya program pengabdian ini.
  4. IRT Kelompok Budidaya Bebek Desa Sei Mencirim yang telah bersedia untuk menjadi mitra dalam pelaksanaan program pengabdian ini.

Penulis/Editor : rizaldyk

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x