x

Penuhi Syarat sebagai Kontestan, Eliyunus-Mareko Siap Menangkan Pilkada Nias Barat

3 minutes reading
Saturday, 5 Sep 2020 00:03 0 147 admin

BICARAINDONESIA-Nias Barat : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Nias Barat, secara resmi menyatakan paslon Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua, telah memenuhi syarat setelah dilakukan penelitian keabsahan berkas.

“Setelah dilakukan penelitian keabsahan berkas maka paslon Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Nias Barat Efori Zalukhu. Jum’at malam, 4 September 2020.

Menurutnya, ada satu berkas bersyarat yang perlu disiapkan paslon yang mengusung jargon ‘Elmar’ itu, yakni terkait surat keputusan pemberhentian dari ASN dan paslon berjanji akan diserahkan ke KPU Nias Barat 30 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

“Ada satu berkas yang akan diserahkan paling lama 30 hari sebelum pemungutan suara adalah SK Pemberhentian dari ASN dan itu diperkenankan karena sudah diatur dalam lampiran keputusan KPU nomor 394,” Tuturnya.

Sebelumnya, menjelang pendaftaran paslon Elmar ke KPU, turut dilaksanakan deklarasi di Posko Pemenangan dengan dihadiri sekitar 4.000 massa pendukung. Kegiatan itu sekaligus dirangkai dengan pengukuhan Tim Pemenangan yang dilantik oleh Ketua Dewan Pengarah, Faduhusi Daely, pejabat Bupati Nias Barat saat ini.

Orasi politik berbagai elemen, seperti Pospera, AMPI, PPN, selain parpol dan tim pemenangan masing-masing kecamatan, menyatakan dukungan penuh terhadap paslon Elmar yang dinilai mampu membawa perubahan dengan terobosan baru demi kemajuan Kab. Nias Barat.

Dalam pidato politik Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua nyatakan sikap maju dan optimis mendapat amanah rakyat pada perhelatan Pilkada di Nias Barat.

“Kita sudah sepakat siap maju dan kita akan menangkan pilkada di Nias Barat desember mendatang bila masyarakat memberikan amanah dalam membangun daerah kita Bumi Aekhula,” sebut Eliyunus.

Ketahanan pangan bidang pertanian, kata Eliyunus menjadi fokus utama permasalahan yang dihadapi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

“Kita tau bersama bahwa saat ini kita sedang dilanda resesi ekonomi yang sangat berdampak langsung. Tentunya, Elmar sudah memikirkan solusinya dengan memperkuat ketahanan pangan di bidang pertanian,” tuturnya.

Selain itu, paslon ini juga menyiapkan program pro rakyat sesuai potensi yang dimiliki diantaranya pengembangan daerah pariwisata dan perikanan serta didukung oleh pembangunan infranstruktur jalan yang memadai.

“Saya masih ingat apa yang disampaikan pak Presiden Jokowi bahwa Kepulauan Nias ini memiliki potensi besar yang dapat mendobrak perekonomian masyarat antara lain pariwisata dan perikanan. Ini yang perlu kita kembangkan kedepan karena potensi ini dimiliki oleh Nias Barat,” sebutnya.

Eliyunus menambahkan, jalur Bandara Binaka Gunungsitoli menuju Nias Barat atau sebaliknya perlu dibangun akses lain untuk memperpendek jarak tempuh.

“Kalau selama ini dari Nias Barat ke Gunungsitoli ditempuh selama 2 jam, maka perlu kita siapkan jalur dekat dari Kecamatan Moi menuju bandara dengan jarak tempuh 1 jam. Ini juga salah satu fokus utama bila terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat,” pungkasnya.

Penulis : Ega
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x