Peringati Hari Angklung Sedunia, Google Rayakan Lewat Tampilan Doodle

Tampilan Google dengan Doodle Angklung

BICARAINDONESIA-Jakarta : Hari ini, Rabu (16/11/2022), Google menampilkan alat musik Indonesia, yaitu angklung sebagai Doodle di laman utama pencariannya. Ternyata munculnya angklung sebagai Doodle di laman Google itu dilakukan untuk memperingati Hari Angklung Sedunia.

Di Doodle ini, tulisan ‘GOOGLE’ akan digantikan enam orang yang menggunakan baju berwarna-warni, memainkan sebuah angklung.

Dalam keterangannya, Google menyebut bahwa Angklung adalah alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu.

Adapun, ditampilkannya angklung sebagai Google Doodle adalah karena di tanggal 16 November 2022 tahun 2010, UNESCO secara resmi menyatakan bahwa angklung adalah benda warisan dunia.

Tidak hanya di Indonesia, Google Doodle angklung hari ini juga ditampilkan di Thailand dan Inggris.

Google menjabarkan, angklung berasal dari Jawa Barat, 400 tahun yang lalu. Penduduk desa percaya, suara bambu dapat menarik perhatian Dewi Sri, dewi padi dan kemakmuran. Setiap tahun, pengrajin terbaik desa menggunakan bambu hitam khusus untuk membuat angklung.

Di musim panen, mereka mengadakan upacara dan memainkan angklung dengan harapan dewa akan memberkati panen mereka yang subur.

Alat musik ini sering menjadi sarana kegiatan menyambut tamu terhormat di Istana Kepresidenan. Angklunh juga kerap tampil dalam pertunjukkan di berbagai festival yang digelar di seluruh dunia. 

Misalnya, pada 18 Oktober lalu KBRI Berlin menggelar malam Indonesia bagi warga Jerman. Para penonton yang merupakan warga Jerman terpesona dengan pertunjukan angklung, terutama pada sesi interaktif di mana seluruh penonton diajari cara bermain angklung dan bersama-sama memainkan sejumlah lagu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *