x

Perpustakaan SMA Negeri 1 Matauli Pandan Raih Akreditasi A Tingkat Nasional RI

3 minutes reading
Wednesday, 12 Aug 2020 12:48 0 347 admin

BICARAINDONESIA-Tapanuli Tengah : Atas dasar penilaian tingkat Nasional Republik Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Matauli Pandan, menerima sertifikat Akreditasi A Perpustakaan yang diserahkan langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (12/8/2020).

Penyerahan sertifikat itu dilaksanakan di Perpustakaan SMAN 1 Matauli Pandan, selain dihadiri Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Ir Harlen Purba, MM yang diwakilkan Daswar Purba selaku Kepala Bidang, Kepala SMP Al Muslimin Pandan, mewakili Kacabdis Sibolga Elvrida Sinaga selaku Kasi SMA dan Pendidikan Khusus.

“Ini adalah penilaian dari Perpustakaan Tingkat Nasional Republik Indonesia, kriterianya itu mulai dari ruangan, koleksi buku dan fasilitasnya, juga pengelolaanya. Jadi mereka ini terutama telah memenuhi persyaratannya,” kata Daswar Purba.

Daswar menyebutkan, pihaknya hanya sebagai pendamping dan sebatas menyerahkannya kepada pihak sekolah.

“Dasar penilaian pun dari Jakarta langsung turun pada bulan Desember 2019 lalu ke sekolah,” sebutnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Matauli Pandan Murdianto, SP.d.MM menambahkan, atas dasar penyerahan sertifikat Perpustakaan Nasional Akredetasi A di SMAN 1 Matauli, perpustakaan itu bagian penting bagi sekolah dan sekolah yang bisa eksis untuk berkompetisi bersaing dengan sekolah-sekolah lain tidak hanya di Indonesia, namun harus ditunjang fasilitas dengan memadai.

“Perpustaakaan itu ibarat jantung sekolah, proses belajar mengajar era digital perpustakaan juga tidak bergeser fungsi dan perannya perpustakaan tetap memegang kembali didalam proses belajar mengajar kepada para peserta didik. Perpustakaan SMAN 1 Matauli Pandan pernah mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional tahun 2016 Alhamdulilah kita mendapatkan juara III Nasional,” ucap Murdianto.

Selanjutnya, di tahun 2019 pada November dan Desember pihaknya di Akreditasi langsung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dengan nilai yang memuaskan predikat nilai 97,37 dari skor atau nilai maksimum 100.

“Ini pencapaian tim yang luar biasa nilai tertinggi yang pernah di raih oleh Perpustakaan sekolah se Sumatera Utara sampai dengan saat ini kita adalah nilai tertinggi. Perpustakaan SMAN 1 Matauli Pandan dilengkapi dengan fasilitas digital tetapi juga belum sempurna, direncanakan kedepan SMAN 1 Matauli Pandan nantinya mempunyai Perpustakaan Digital yang disebut perpustakaan ‘Digital Library,” sebutnya.

Murdianto menjelaskan, untuk perpustakaan yang ada sekarang masih refrensi untuk pembelajaran kepada peserta didik sehinga mempunyai literatur-literatur yang lebih banyak itu juga tidak cukup. Maka SMAN 1 Matauli Pandan dan Yayasan Matauli akan mengembangkan lebih lanjut untuk menambah perpustakaan yang ada yaitu perpustakaan digital.

“Itu nanti bisa terkoneksi secara online langsung terkoneksi ke perpustakaan yang ada di seluruh dunia, dan kalau itu sudah terjadi maka anak-anak berdiskusi atau berdialog mengambil literasi-literasi, journal penelitian, karya ilmiyah sudah mudah dari Perpustakaan digital itu,” jelasnya.

Masih kata Murdianto, anak yang ada di SMAN 1 Matauli Pandan ada yang belajar berbahasa Jerman dan pihaknya menjadi salah satu dari 29 SMA dan SMK se Indonesia dibawah binaan langsung dari kedutaan Besar Jerman yang ada di Indonesia yang tergabung dalam sekolah ‘PAS’ yakni sekolah mitra masa depan yang dibina langsung oleh Jerman.

“Jadi anak-anak setiap tahunnya di adakan uji sertifikasi bahasa Jerman, itu ada yang A1 level A2 sampai level B1, setiap tahun pada level A2 terbaik 1,2 level A2 itu mendapatkan kesempatan belajar khusus bahasa Jerman di Jerman sampai menadapatkan level B1, dan itupun sudah banyak siswa-siswi kita yang belajar perkuliahanya di Jerman,” pungkas Murdianto.

Penulis : Benny
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x