x

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution Terkonfirmasi Positif Covid-19

2 minutes reading
Wednesday, 5 Aug 2020 07:59 0 119 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan, jika Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution, terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah, yang dikonfirmasi bicaraindonesia.net via telephone selulernya, Rabu (5/8/2020). “Benar, hasil pemeriksaan swabnya dari RS USU, dan terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Aris menjelaskan, setelah mendapat hasil pemeriksaan laboratorium dengan hasil negatif pada 31 Juli 2020 lalu, Akhyar beberapa kali kembali melakukan pemeriksaan swab, dan hasilnya, dia terkonfirmasi Covid-19. “Tapi kondisinya baik-baik saja, hanya gejala ringan,” jelasnya.

Kendati begitu Aris mengakui, jika Akhyar saat ini tidak menjalani isolasi mandiri. Melainkan melakukan perawatan di Rumah Sakit Royal Prima. “Sekarang pak Akhyar dirawat di Rumah Sakit Royal Prima,” pungkasnya.

31 Juli Negatif

Walau sempat dirawat di Rumah Sakit Royal Prima sepulang perjalanan dinas dari Jakarta, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, sempat dipastikan negatif terpapar Covid-19.

Informasi ini diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium SARS-CoV-2 RT PCR Test milik Akhyar, yang dikeluarkan RS Murni Teguh, pada 31 Juli 2020 lalu, dan beredar di grup whatsapp wartawan.

Humas RS Murni Teguh, Winda Lingga saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut, namun Winda mengaku tidak tahu bagaimana bisa hasil pemeriksaan itu beredar luas. “Benar memang hasil pemeriksaan dari kita. Tapi beredarnya hasil pemeriksaan tersebut, kami tidak tahu,” ungkapnya, Rabu (5/8/2020) siang.

Winda menyebutkan, hasil pemeriksaan dari RS Murni Teguh merupakan rahasia pasien, sehingga pihaknya ketat dalam memberikan informasi tersebut. “Karena itu rahasia pasien, apapun bentuknya harus diambil oleh pasien sendiri atau yang diwakilkan oleh pasien,” jelasnya.

Dalam keterangan hasil pemeriksaan itu, RS Murni Teguh hanya melakukan pemeriksaan saja terhadap sampel swab Akhyar yang diperoleh pada 30 Juli 2020. Dan hasil pemeriksaan menyatakan negatif Sars-CoV-2 atau Covid-19.

Berjalan Normal

Walau Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution dinyatakan positif covid-19, Kabag Humas Setda Kota Medan, Arrahman Pane, mengatakan, aktivitas di Kantor Wali Kota Medan atau Balai Kota masih berjalan normal.

“Aktivitas masih normal. Belum tahu apakah ditutup,” ujar Pane, di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Medan, Rabu (5/8/2020).

Dia mengatakan bahwa, beberapa hari terakhir Plt Walikota Medan tidak memiliki aktivitas di Balai Kota. “Yang kontak langsung dengan beliau paling Humas dan Protokol. Tentang apa agenda bapak di Jakarta, itu di luar dinas, jadi kita gak tahu,” bebernya.

Penulis/Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x