x

Produsen Ban PT Hung-A Indonesia PHK 1.500 Karyawan

2 minutes reading
Thursday, 18 Jan 2024 10:00 0 79 Ika Lubis

BICARAINDKNESIA-Jakarta : PT Hung-A Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawannya. PHK yang dilakukan produsen ban tersebut viral. Hal itu dilakukan karena perusahaan akan menutup opersionalnya mulai Februari 2024.

Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) mengungkapkan penutupan akan dilakukan mulai 1 Februari 2024. Karyawan yang terdampak PHK atas penutupan pabrik sebanyak 1.500 orang.

“Iya betul PT Hung A tutup per 1 Februari 2024 dan untuk seluruh karyawan dirumahkan sejak 16 Januari 2024. Kurang kebih 1500 an pekerja (terdampak PHK),” ujar Sarino, Ketua Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi, dikutip dari detikcom, Kamis (18/1/2024).

Terkait hak-hak pekerja, kata Sarino, masih dalam proses diskusi antara perusahaan dengan serikat pekerja.

“Mengenai hak-hak karyawan masih dalam proses perundingan antara pihak pengusaha dengan serikat pekerja,” ungkap dia.

Sementara alasan mengapa PT Hung-A Indonesia tutup, berdasarkan informasi yang diterima Sarino karena perusahaan tersebut akan pindah ke Vietnam. Alasan pindah karena produknya di Indonesia telah kalah saing.

“Alasan tutupnya perushaan karena akan pindah ke Vietnam. Kenapa pindah ke Vietnam alasan dari pihak pengusaha disebabkan produk dari PT Hung-A kalah bersaing dengan hasil produk PT Hankook Trie Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan video yang beredar, PHK ini merupakan buntut dari penutupan operasional perusahaan mulai 1 Februari 2024 nanti. Dari video yang terserbar, informasi itu diumumkan oleh salah satu pihak perusahaan kepada seluruh karyawan yang dikumpulkan di depan pabrik tersebut.

Usai pengumuman tersebut, semua karyawan PT Hung-A langsung dirumahkan. Video yang beredar tersebut diunggah pada, Selasa (16/1/2024) kemarin.

LAINNYA
x