x

Resmi Jadi Hakim MK, Anwar Usman Tak Hadir Pelantikan Ridwan Mansyur

1 minutes reading
Saturday, 9 Dec 2023 10:18 0 92 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ridwan Mansyur sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Ridwan akan menggantikan Manahan Sitompul yang masuk masa pensiun.

Pelantikan tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 98/P Tahun 2023. Jokowi pun mengambil sumpah Ridwan di Istana.

Anwar Usman tak menghadiri pelantikan Ridwan Mansyur. Namun hakim MK yang lain turut menghadiri pelantikan Ridwan. Mulai Suhartoyo, Saldi Isra, Eny Nurbaningsih, Manahan Sitompul, Arif Hidayat, Wahiduddin Adams, Daniel Yusmi, dan Guntur Hamzah.

“Saya sendiri belum ketemu ya, mungkin ada halangan yang lain,” ujar Ridwan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Ridwan menerangkan Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo sempat mengucapkan selamat kepadanya. Suhartoyo menyampaikan pesan-pesan agar Ridwan dapat bekerja sama dengannya menyelesaikan perkara yang ada.

“Kita sudah kenal waktu di peradilan umum, kebetulan beliau satu angkatan yang saya calon hakimnya,” kata Ridwan.

“Kemudian (Suhartoyo) mengucapkan selamat dan berpesan untuk kita bersama-sama menyelesaikan perkara-perkara yang akan muncul, akan datang ke MK sehingga kita menerima, memeriksa, mengadili, dan memutuskan perkara itu bisa sebaiknya memenuhi rasa keadilan masyarakat khususnya para pihak yang beperkara di MK,” lanjutnya.

LAINNYA
x