x

Semarak HLN ke 75 di Masa Pandemi, PLN UIW Sumut Gelar Kompetisi Yantek Secara Virtual

3 minutes reading
Wednesday, 21 Oct 2020 15:54 0 109 admin

BICARAINDONESIA-Medan : PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) kembali menggelar even tahunan “Kompetisi Virtual Pelayanan Teknik” dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) ke 75 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2020 mendatang.

Di tahun ini, bertema “Untuk Peningkatan Keandalan Jaringan Distribusi Bersama Insan Milenial Ber-Akhlak Menuju Sumut Hebat”, kompetisi ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) dibawah naungan PLN UIW Sumatera Utara, mulai 21 sampai dengan 22 Oktober 2020.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, M Irwansyah Putra menjelaskan, memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini kompetisi terpaksa dilakukan secara virtual, akibat pandemi Covid-19.

“Kendati demikian, guna tetap menjaga tradisi, di masa “New Normal” saat ini, PLN UIW Sumut tetap melaksanakannya dengan catatan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak,” papar Irwansyah.

Ia juga menjelaskan, lomba ini diikuti oleh para insan milenial PLN yang terdiri dari pegawai divisi teknik PLN UIW Sumut dan para petugas tehnik sebagai mitra PLN yang bertugas untuk melayani berbagai gangguan yang ada di pelanggan baik itu gangguan di rumah, jaringan tegangan rendah, gardu distribusi sampai ke jaringan tegangan menengah.

Suasana Kompetisi Virtual Yantek dalam peringatan HLN ke 57/foto : ist

“Sehingga para petugas Yantek yang bekerja full selama 24 jam, tidak mengenal waktu dan pada hari besar atau lebaran mereka tetap bekerja untuk melayani masyarakat, tetap memiliki kompetensi yang baik dan andal dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP yang ada,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Manager PLN UP3 Medan Dian Herizal yang didampingi Manager Bagian Jaringan Henko Zuhriyadi mengatakan, untuk PLN UP3 Medan sendiri, kompetisi yang digelar di Kampus Pelayanan Teknik PLN UP3 Medan, Jl. Paya Pasir, Kel. Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan itu memperlombakan 4 kategori ini, diikuti oleh para kaum muda yang bertugas di 5 Unit Layanan Pelanggan (ULP) dibawah PLN UP3 Medan.

“Adapun personel dalam perlombaan di masing-masing kategori berjumlah 5 orang, satu orang bertindak sebagai pengawas pekerjaan, satu orang bertugas sebagai pengawas K3, satu orang sebagai pembantu petugas, dan dua orang pekerja yang berada di atas,” sebutnya.

Disamping untuk memperingati HLN ke-75, kegiatan lomba ini juga dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kedisiplinan para petugas pelayanan teknik.

“Sekaligus untuk memastikan apakah selama ini mereka sudah bekerja sesuai dengan SOP,” kata Dian.

Kemudian, lanjutnya, kecepatan dan keselamatan petugas di lapangan juga akan menjadi penilaian, mengingat pelayanan tehnik ini merupakan garda terdepan PLN. Karena mereka merupakan pihak yang langsung berhadapan dengan pelanggan.

“Sehingga kalau keselamatan petugas dalam bekerja menjadi tujuan utamanya dan pelanggan pun menjadi senang karena cepat terlayani,” ujarnya.

Sementara, data dari pihak panitia, beberapa kriteria yang dinilai dalam lomba tersebut diantaranya prosedur kerja, kecepatan melayani gangguan dan keselamatan petugas dalam bekerja.

Penulis/Editor : Teuku

 

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x