x

Siap Tuntaskan Pembangunan Listrik Desa, PLN dan Pemkab Taput Tandatangani MoU

3 minutes reading
Thursday, 21 Jan 2021 12:19 0 148 admin

BICARAINDONESIA-Tarutung : PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) melalui Tim UP2K Pemprov Sumut dan UP3 Sibolga, menargetkan akan menuntaskan sistem elektrifikasi secara menyeluruh di Kab. Tapanuli Utara pada tahun 2021 ini.

Sebagai bentuk komitmen, Manager PLN UP3 Sibolga Deni Fitrianto, melakukan MoU atau penandatanganan nota kesepahaman dengan Bupati Taput, Drs Nixon Nababan, MSi tentang pembangunan listrik desa (Lisa) menuju desa berlistrik 100% dan keandalan penyediaan ketenagalistrikan Kab. Taput, yang berlangsung di pendopo Bupati di Tarutung, Kamis (21/1/2021).

Prosesi itu turut disaksikan langsung jajaran PLN UIW Sumut diantaranya General Manager M Irwansyah Putra, SRM SDM dan Komunikasi Edi Irawan, SRM Niaga Chairuddin, SRM Perencanaan Abdul Rohim.

Sedangkan dari pihak Pemkab Taput tampak hadir sebagian pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD).

GM PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra mengungkapkan, melistriki seluruh wilayah di Taput, merupakan salah satu target perusahaan BUMN itu, sebagai salah satu program pemerintah untuk melistriki seluruh pelosok negeri.

“Alhamdulillah, secara bertahap kami terus berusaha merealisasikannya. Untuk tahun 2020, kita kembali menuntaskan jaringan listrik di 9 dusun yang tersebar di 4 desa dan 2 kecamatan,” ungkapnya

9 dusun itu diantaranya adalah Dusun Limus, Lobu Haminjon, Siantar Naipospos, Lobu Jambang, Batu Lamak, di Desa Siantar Naipospos, Kec. Adian Koting. Dusun Torhonas dan Bagot di Desa Pardomuan Nauli, Kec. Adian Koting. Dusun Huta Silalahi, Desa Banuaji II dan Dusun Sitandiang, Desa Paniaran, Kec. Siborong borong.

“Saat ini, ada 31 dusun dan 2 desa lagi yang menjadi daftar yang belum dilistriki. Target kita, jika infrastruktur mendukung, tim UP2K Sumut yang melaksanaman program listrik desa, targetnya, semua akan kita tuntaskan di tahun 2021 ini,” ungkap Irwan optimis.

Sementara, Bupati Nixon Nababan mengaku sangat mengapresiasi PLN yang sangat responsif dalam menindaklanjuti permasalahan kelistrikan yang belum dirasakan secara merata oleh masyarakat Taput selama ini.

“Sejak 2017 kami dari Pemkab Taput telah menjalin kerjasama dengan PLN. Hasilnya, kini secara perlahan pemerataan jaringan listrik terus dilakukan. Tentu hal ini sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Bahkan sebagai bentuk dukungan kepada PLN, kata Nixon, Pemkab juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk membantu prasarana akses agar memudahkan proses pembangunan jaringan listrik.

“Kami berharap ada 6 dusun dan 2 desa yakni Desa Hutatua dan Hutajulu Parbalik yang bisa masuk dalam skala prioritas PLN untuk segera mendapatkan jaringan listrik. Bahkan kami sudah menyiapkan pos anggaran untuk pembangunan jembatan permanen sebagai pengganti jembatan kayu di Desa Hutatua, agar PLN lebih mudah memasukkan material ke lokasi tersebut,” tandasnya.

Sebagai puncak acara kegiatan yang penuh keakraban itu, Bupati Taput turut menyerahkan ulos dan jaket bemotif ulos buah karya UMKM setempat kepada GM PLN UIW Sumut, sebelum ditutup dengan saling bertukar cenderamata.

Sementara, dijadwalkan GM PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra bersama PLN UP3 Sibolga dan Bupati Taput Nixon Nababan, secara bersama-sama akan meresmikan energize listrik di Dusun Torhonas, Desa Pardomuan Nauli, Kec. Adian Koting pada Jum’at pagi, 22 Januari 2021 besok.

Penulis/Editor : Yudis

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x