x

Sungai Bandar Durian Labura Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

1 minutes reading
Friday, 24 Jul 2020 10:11 0 158 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Labura : Tingginya curah hujan di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut, sejak Kamis (23/7/2020) malam, mengakibatkan Sungai Bandar Durian meluap. Akibatnya Ratusan rumah warga di Desa Bandar Durian Kecamatan Aek Natas pun terendam air.

Menurut Kabid BPBD Labura, Sukardi kepada wartawan di lokasi banjir, Jumat (24/7/2020) mengatakan, banjir ini kerab terjadi setiap tahunnya. Selain merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan arus lalu lintas Jalan Lintas Sumatera terputus karena tinggi air mencapai 1 meter.

“Banjir ini sudah setiap tahun, itu diakibatkan meluapnya sungai Bandar Durian karena curah hujan di hulu cukup tinggi, di atas rata-rata,” kata Sukardi.

Ia mengatakan ada sekitar 185 kepala keluarga yang terkena banjir tahun ini. Namun kerugian material belum dihitung sementara tidak ada korban jiwa. Air sungai mulai meluap sekitar pukul 03.30 WIB dinihari tadi dan air mencapai puncaknya pada pukul 06.00 WIB.

Tinggi air yang menggenangi Jalan Lintas Sumatera menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas. Setidaknya antrian kendaraan mencapai lima kilometer di sekitar lokasi.

Saat berita ini diturunkan permukaan air sudah mulai surut dan kenderaan yang melintas menuju Medan dan Pekan Baru berangsur-angsur normal.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Amri

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x