x

Sungai Belumai Meluap, Ratusan Rumah di Tanjungmorawa Terendam Banjir

2 minutes reading
Saturday, 14 Nov 2020 07:56 0 129 admin

BICARAINDONESIA-Tanjungmorawa : Ratusan rumah warga di sejumlah desa di Kec. Tanjungmorawa, Kab. Deliserdang, Sumatera Utara, terendam banjir, Sabtu (14/11/2020).

Kondisi ini terjadi menyusul meluapnya Sungai Belumai yang membela kecamatan tersebut hingga akhirnya merendam pemukiman warga yang berada di sekitar bantaran sungai.

Menurut informasi, bencana yang menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak Jum’at sore, terjadi mulai dinihari sekitar pukul 03.00 WIB.

Sedikitnya ada 5 desa yang terendam banjir. Diantaranya Desa Limaumanis, Telagasari, Dagangkelambir, Dalu XA dan Desa Dalu XB. Kondisi terparah adalah di Desa XB persisnya di Dusun VIII, IX dan X. Di lokasi ini ada ratusan rumah yang terendam dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Wagirin (52), salah seorang korban banjir yang bermukim di Dusun VIII, Desa Dalu XB mengatakan, pada pukul 05.00 wib atau persis saat menjelang Salat Subuh, air luapan Sungai Belumai mulai masuk ke pemukiman hingga akhir merendam rumah warga.

“Tidak hanya rumah, areal persawahan milik warga yang luasnya puluhan hektar juga terancam gagal tanam karena arealnya juga terendam banjir,” kisahnya.

Atas situasi itu, Muspika Tanjungmorawa termasuk pihak BPBD setempat turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi warga dan harta bendanya. Sejauh ini juga belum diketahui ada tidaknya korban jiwa dan kerugian yang ditimbulkan. Sementara hingga kini di sejumlah kawasan air belum juga surut.

Penulis : Budi
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x