x

Terkuak! Kanit Tipikor Labuhanbatu Terima Uang Rp100 Juta dari Bupati EAR

2 minutes reading
Thursday, 23 May 2024 23:12 0 1234 Iki

BICARAINDONESIA-Medan : Propam Polda Sumut tengah mendalami informasi bahwa Kanit Tipikor Polres Labuhanbatu Iptu Sofyan Tampubolon menerima uang Rp100 juta dari Bupati Labuhanbatu nonaktif, EAR. Informasi itu terkuak di dalam persidangan.

“Propam akan mendalaminya,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Sonny Siregar, Kamis (23/5/2024).

Untuk diketahui, pada sidang pemeriksaan saksi terkait 4 terdakwa yang diduga terlibat dalam kasus suap Bupati Labuhanbatu nonaktif, EAR, terkuak informasi adanya penyerahan uang ke Kanit Tipikor Polres Labuhanbatu Iptu Sofyan. Uang itu berasal dari EAR dan diserahkan ke Sofyan melalui orang kepercayaan EAR.

Proses sidang memanas saat hakim mencecar Iptu Sofyan dengan sejumlah pertanyaan. Terutama perihal pemberian uang Rp100 juta dari EAR melalui Rudi Syahputra Ritonga selaku anggota DPRD Labuhanbatu.

Sofyan mengaku, pernah melakukan panggilan video sebelum Erik di OTT KPK untuk memberikan uang operasional Polres Labuhanbatu sebesar Rp100 juta. Namun, dia menegaskan bahwa dirinya tidak meminta uang tersebut.

Setelah itu, Sofyan menerima uang tersebut melalui Rudi pada 5 Januari 2024. Ketika Erik terkena OTT, uang itu pun diberikan Sofyan ke penyidik KPK.

As’ad pun menyebutkan bahwa sejak awal persidangan Kanit Tipikor selalu disebut-sebut. Alhasil, As’ad mencecar Sofyan dengan sejumlah pertanyaan terkait uang Rp100 juta tersebut sebetulnya untuk apa.

“Untuk uang operasional Polres,” kata Sofyan di PN Medan.

“Terus kenapa enggak dilaporkan ke Kapolres?” tanya As’ad.

“Karena uang itu (Rp100 juta) tak sempat terpakai, Yang Mulia,” jawab Sofyan.

“Namun, sudah di tangan saudara kan? Setiap saudara terima, saudara harus lapor Kapolres karena untuk operasional,” bentak As’ad.

“Siap, saya belum jumpa kapolres, Yang Mulia,” sebut Sofyan.

“Ke mana Kapolresmu?” ucap As’ad.

“Siap, tidak jumpa, Yang Mulia,” ujar Sofyan.

“Selama kamu tugas tidak ada kapolres?” tanya As’ad.

“Siap, cuma dua hari, Yang Mulia. Baru terjaring OTT, Yang Mulia,” ujar Sofyan.

“Itu bukan jawaban. Jangan mengeles,” tuding As’ad.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x