x

Tim Dosen Undhar Beri P2KM Kepada Guru-Guru MIS Al-Djamiatul Washliyah

2 minutes reading
Sunday, 15 Nov 2020 13:56 0 121 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Hamparanperak : Tim dosen Universitas Dharmawangsa yang terdiri dari Suardi, SE, MM (Ketua tim), Rani Rahim, S.Pd, M.Pd dan Suhariyanti, S.Pd, M.Pd (anggota tim) kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Djamiatul Washliyah, Dusun I Pauh Kecamatan Hamparanperak, Rabu (11/11/2020) kemarin.

Menurut Suardi, SE, MM selaku ketua tim mengatakan bahwa, sebagai pendidik profesional, guru memiliki tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal.

“Peran guru dalam penyelengaraan pendidikan formal sangat dominan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas,” kata Suardi, SE, MM.

Dirinya juga mengatakan, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini, berfokus pada dua kegiatan, pertama, peningkatan kemampuan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Djamiatul Washliyah.

“Pertama, kita memberikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengajar (P2KM) dengan praktek langsung penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kedua, peningkatan prasarana (halaman) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Djamiatul Washliyah, yang akan disemen sehingga kondisi halaman madrasah akan lebih baik lagi,” terangnya.

Sebelumnya tim PKM dosen Universitas Dharmawangsa telah memberikan pelatihan pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia, sekaligus membuatkan buku (modul) pembelajarannya kepada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Djamiatul Washliyah dan penimbunan halaman madrasah melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

Para guru sangat antusias dan serius menerima materi yang disampaikan secara bergantian oleh Rani Rahim dan Suhariyanti, dalam Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengajar (P2KM) dengan membuat dan praktek langsung cara penggunaan google classroom.

“Google classroom sebagai media pembelajaran adalah barang baru bagi mereka, karena belum mengetahui aplikasi ini sebelumnya. Bagaimana cara membuat classroom, membuat absensi, tugas, memberi nilai dan member materi pembelajaran,” ujar Suardi.

Tak hanya membuat dan praktek langsung cara penggunaan google classroom, tim juga memberikan materi cara membuat dan cara berkomunikasi dengan google meet.

Materi ini mendapat apresiasi luar biasa dari para guru-guru yang berlomba-lomba untuk masuk ke google meet, agar bisa berkomunikasi dan tatap muka secara langsung dengan mentor. Pertanyaan demi pertanyaan mereka lontarkan untuk menambah pengetahuan tentang google meet dan classroom.

Pengabdian kepada masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Djamiatul Washliyah ini akhiri dengan foto bersama tim PKM Universits Dharmawangsa dengan Kepala Madrasah beserta guru-guru.

Penulis/Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x