x

Tingkatkan Skill Baca Tulis Berita Anggota HIJAU SMANLI, Dosen Undhar dan USM Indonesia Beri Pelatihan di SMAN 5 Medan

2 minutes reading
Tuesday, 19 Dec 2023 21:53 0 107 Amri Abdi

BICARAINDONESIA-Medan : Demi meningkatkan kemampuan dan kreativitas pers pelajar yang tergabung di HIJAU SMANLI (Himpunan Jurnalis SMA Negeri 5) Medan, dosen Universitas Dharmawangsa (Undhar) berkolaborasi dengan Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia, menggelar pelatihan baca dan tulis naskah berita, Selasa (24/10/2023).
Kegiatan yang di inisiasi oleh para dosen dari dua kampus besar di kota medan ini, merupakan bagian dari program pengabdian dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Medan, Supraba Ika Sari, S.Pd., M.Pd.
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Medan, Supraba Ika Sari, S.Pd., M.Pd. mengatakan, pelatihan ini memang terkhusus buat anggota HIJAU SMANLI.
“Pelatihan ini sengaja ditujukan untuk seluruh anggota Himpunan Jurnalis SMA Negeri 5 Medan, agar informasi yang diberikan tepat sasaran,” ucap Supraba Ika Sari, S.Pd., M.Pd.
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Medan mengharapkan hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat mengaplikasikannya dan anggota Himpunan Jurnlis SMA Negeri 5 dapat menyebarkan dan membagikan ilmu ini kepada siswa/i lainnya baik itu saat kegiatan penyuluhan maupun program yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang.
Sementara itu, Rafiqah Yusna Siregar, M.I.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan PKM ini untuk menambah pengetahuan siswa/i terhadap ilmu jurnalistik.
“Tujuannya pasti untuk menambah pengetahuan siswa/i terhadap ilmu jurnalistik, melatih skill mereka, terutama dalam menulis dan membaca berita secara formal, lalu mengasah kepekaan siswa/i terhadap fenomena sekitar mereka yang layak dijadikan berita,” kata Rafiqah Yusna Siregar, M.I.Kom, yang juga dosen prodi Ilmu Komunikasi Undhar medan ini.
Rafiqah beharap, semoga kegiatan ini ‘gayung bersambut’ antara pihak universitas dengan SMA Negeri 5 Medan.
“Harapannya semoga kegiatan ini ‘gayung bersambut’ antara pihak universitas dengan SMA Negeri 5 Medan, dan peserta yang mengikuti pelatihan yang notabene tergabung dalam HIJAU SMANLI, dapat mengaplikasikan ilmu yang diterima serta bisa mengaplikasikannya,” harapnya.
Pada pelaksanaannya, siswa dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, untuk mengerjakan proyek penulisan berita berbentuk feature dan mempraktekkan teknik pembacaan naskah berita yang baik.Adapun tim PKM sebagai berikut, Rafiqah Yusna Siregar, M.I.Kom (Ketua/Undhar), Pebry Aisyah Putri Batubara, S.PI., M.Si (Anggota/Undhar) dan Rachel Mia Lorenza, M.I.Kom (Anggota/USM Indonesia).

Penulis / Editor : rill/ Amri

LAINNYA
x