x

Tips Bangun Rumah dengan Budget Terbatas

2 minutes reading
Friday, 12 Mar 2021 09:31 0 134 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Medan : Rumah menjadi menjadi tempat untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu, memiliki hunian yang nyaman selalu menjadi impian banyak orang. Apalagi, jika didukung dengan desain yang menawan.

Sayangnya memiliki rumah indah dengan desain menawan tentu tidak murah. Kita harus menyewa jasa arsitek, sehingga membutuhkan biaya ekstra dan memakan waktu lama dalam pengerjaannya. Tapi buat kamu yang sedang berencana membangun atau merenovasi rumah tanpa harus menyewa jasa arsitek dan mengeluarkan biaya mahal, tak perlu khawatir, Anda masih bisa mensiasatinya dengan tips-tips berikut:

1. Pastikan Anda Punya Lahan

Lahan atau tanah menjadi faktor utama yang mesti Anda sediakan dalam membangun rumah. Setalah itu pastikan juga Anda memilih model rumah dengan type yang ideal. Misal, Anda bisa memilih rumah minimalis type 45, namun akan lebih ideal jika Anda membuat rumah type 36. Meskipun begitu, ini sangat relatif dan tergantung pemilihan material bangunan rumah.

2. Buat Rancangan Detail Mengenai Konsep Rumah

Ketika Anda merencanakan konsep rumah secara detail, tentu saja Anda bisa menaksir berapa biaya setiap komponen yang akan dikeluarkan. Untuk buat rumah dengan budget minim, memang sudah semestinya ini dilakukan. Anda bisa mencari referensi konsep rumah di internet. Karena dengan begitu Anda sudah tahu seberapa besar budget yang akan Anda keluarkan nantinya.

3. Gunakan Jasa Tukang Bangunan, Bukan Kontraktor

Untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan harga yang lebih miring, maka jangan pernah memakai jasa kontraktor. Ya, gunakanlah jasa tukang bangunan saja. Masih banyak kok tukang bangunan yang memiliki kinerja baik dan berpengalaman. Selain biaya yang lebih murah, menyewa tukang juga cukup efektif dalam pembangunan rumah.

Untuk mendapatkan tukang terbaik, Anda bisa bertanya atau meminta rekomendasi pada keluarga, sahabat, atau teman-teman yang pernah bikin rumah. Satu hal lagi, jangan asal murah ya. Murah boleh, tapi juga harus mengedepankan kualitas.

4. Manfaatkan Material Bahan Bangunan Bekas

Tidak semua material bekas itu buruk. Percaya atau tidak, masih banyak orang yang memanfaatkan bahan bangunan bekas dalam pembangunan rumah mereka. Namun, material bekas tersebut pastinya harus masih layak pakai. Percayalah, jika Anda mengimplementasikan cara ini, tentu saja Anda bisa memperoleh rumah idaman Anda dengan dana terbatas.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x