x

Ungkap Kericuhan Pengantar Jenazah Lukas Enembe, TNI: Diprovokasi KNPB

2 minutes reading
Friday, 29 Dec 2023 16:29 0 160 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jayapura : Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan mengungkap provokator kericuhan massa pengantar jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. Ia mengatakan bahwa kericuhan diprovokasi dari pihak organisasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

“Tetapi di belakang itu ada penyusup, mereka dari KNPB dari ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) yang melakukan pembakaran beberapa bangunan, mobil,” ujar Mayjen Izak, Jumat (29/12/2023).

Mayjen Izak mengatakan organisasi tersebut sengaja memanfaatkan momen itu untuk menciptakan kerusuhan. Mereka menyusup ke dalam rombongan pengantar jenazah Lukas Enembe.

“Kemarin terjadi ada sedikit perkembangan situasi di mana rombongan yang mengantar jenazah dari Sentani ke Koya disusupi oleh orang-orang yang menginginkan Papua ini kacau,” kata Izak.

Aparat TNI dan Polri, kata dia, akan mengungkap kasus kerusuhan yang telah terjadi ini. Termasuk melakukan tindakan hukum terhadap para pelaku yang terlibat dalam insiden ini.

“Kepada mereka-mereka yang masih berpikir untuk mengacaukan keamanan di tanah ini, tentunya tidak akan lepas dari tindakan hukum yang akan kami lakukan,” tegasnya.

Menurut Izak, provokasi itu sengaja dilakukan agar situasi di Papua menjadi kacau. Pasalnya, organisasi itu disebutnya yang selalu menginginkan Papua lepas dari Indonesia.

“Status Papua jelas, Papua adalah Indonesia. Tidak ada lagi. Di PBB tidak ada itu dibuat bercabang-cabang dibilang ada ini. Tidak ada, itu omong kosong semua,” imbuhnya.

Izak mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang menanggapi situasi yang terjadi. Sebab, aparat TNI dan Polri akan tetap menjaga ketamanan dan ketertiban di wilayah Papua.

“TNI dan Polri akan terus mengendalikan situasi ini sehingga kedamaian, keamanan tetap kita bisa wujudkan di Tanah Papua ini khususnya di Jayapura,” pungkas dia.

LAINNYA
x