x

VRI Sumut Berbagi Pengalaman Penyelamatan Korban di Medan Terjal

2 minutes reading
Saturday, 28 Nov 2020 16:14 0 122 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Vertical Rescue Indonesia ( VRI) Sumatera Utara menggelar diskusi bertemakan ” Pengenalan Dasar Vertical Rescue” di Sekretariat PFI Medan, Jl. Eka Rasmi, Komplek Melinjo, Medan, Sabtu (28/11/2020).

Diskusi yang digelar lewat kerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia ( PFI) Medan, Sumatra Tropical Forest Jurnalism ( STFJ) dan Teratai Rescue tersebut, fokus tentang bagaimana melakukan penyelamatan korban di medan khusus atau lokasi sulit di ketinggian. Diskusi tersebut dihadiri peserta dari KSR PMI Medan, relawan, mahasiswa pencinta alam dan penggiat alam bebas.

Koordinator VRI Sumut, Irfan Tri Handoko mengatakan, diskusi ini merupakan program rutin dari VRI Sumut untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

“Diskusi kali ini kami berbagi pengalaman tentang tugas para penyelamat ketinggian (rescuer) dan berbagi pengetahuan teknik dasar dalam menyelamatkan korban di ketinggian” ungkapnya.

Rescuer VRI Sumut, Teguh Persada menyampaikan materi teknik dasar penyelamatan di medan terjal dan pengenalan perlengkapan pendukung dalam penyelamatan di ketinggian.

“Vertical Rescue ini merupakan bagian dari operasi SAR. Dapat diartikan sebagi teknik evakuasi objek dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau kebalikannya, pada medan yang terjal baik kering maupun basah.Dalam Vertical Rescue terdapat 2 teknik utama yang harus dikuasai, yakni teknik penjangkauan obyek dan teknik evakuasi obyek”, paparnya.

Lebih lanjut, Teguh memaparkan, dalam aplikasinya proses Vertical Rescue sangatlah rumit dibutuhkan keahlian yang tinggi, pengalaman dan koordinasi tim yang solid agar tugas selesai dengan cepat dan tepat. Bahkan untuk orang yang sudah mahir saat latihanpun belum tentu mahir dalam kondisi sebenarnya. Faktor-faktor seperti variasi medan dan limit waktu sangat mempengaruhi psikologis seorang rescuer.

Editor : Van/rel

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x