x

Warga Medan Heboh Lihat Fenomena Bulan Bintang di Langit, Begini Kata BMKG

2 minutes reading
Friday, 24 Mar 2023 16:06 0 211 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Di malam ketiga bulan suci Ramadan, warga Kota Medan dibuat heboh dengan fenomena  bulan sabit yang berdampingan dengan bintang yang tampak di langit.

Momen itu pun ramai-ramai mereka abadikan. Kemunculan bulan ini tampak menjelang waktu berbuka puasa. Karena dikaitan dengan bulan suci Ramadan, banyak warga yang memposting fenomena ini di sosial media.

“Subhanallah… langit begitu indah ketika bintang mendampingi rembulan namun saat waktu mulai beranjak keduanyapun tak ditakdirkan bersama….
Meski kita tidak seindah bintang dan rembulan semoga Allah tetap mentakdirkan kita berdampingan hingga ke Jannah..,” tulis Juwita di Facebook, Jumat (24/3/2023).

Terkait fenomena itu, BMKG menjelaskan, hal itu terjadi karena ada peristiwa konjungsi antara bumi, matahari, dan planet.

“Malam ini pada 24 Maret 2023 terjadi sebuah fenomena langit yaitu terjadinya konjungsi antara venus dan bulan sabit,” ungkap Analis gempa bumi BBMKG Wilayah I Medan Hanif Zarkasi, Jumat (24/3/2023).

Jonjungsi merupakan fenomena yang terjadi saat bumi, matahari, dan planet berada dalam satu garis lurus, sejajar, atau terlihat berdekatan saat diamati di permukaan bumi.

Hanif menyebutkan fenomena ini dapat terjadi beberapa kali dalam setahun. Hal ini tak menyebabkan efek terhadap peristiwa yang berbahaya.

“Fenomena berupa konjungsi benda langit ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun dan tidak berefek apapun terhadap Bumi, seperti potensi bahaya tsunami atau gempa bumi. Selain itu, juga tidak akan menyebabkan fenomena astronomis lainnya,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Yudis

LAINNYA
x