x

5 Gol Warnai Laga Belanda vs Ukraina, ‘Die Oranje’ Menang Dramatis

3 minutes reading
Monday, 14 Jun 2021 03:19 0 120 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Amsterdam : Belanda sukses mengamankan tiga poin dari laga pertama Grup C Euro 2020 yang digelar di Amsterdam Arena hari Senin (14/6/2021). Melawan Ukraina, Die Oranje keluar sebagai pemenang dengan skor dramatis 3-2.

Awalnya Belanda sempat dibuat kerepotan oleh tim besutan Andriy Shevchenko tersebut. Beberapa kali upaya mereka bisa dihentikan oleh barisan pertahanan Ukraina yang bermain sangat rapat dan kokoh.

Peluang pertama tercipta pada menit ke-2 lewat sepakan Memphis Depay yang mampu dihalau dengan baik oleh Georgi Bushchan.

Sepakan Denzel Dumfries tiga menit setelahnya pun mampu dihadang sang kiper.
Kalau ada yang pantas diberikan gelar man of the match pada babak pertama, maka Bushchan-lah jawabannya.

Georginio Wijnaldum, merayakan golnya ke gawang Ukraina dalam matchday pertama Grup C Euro 2020 yang digelar pada hari Senin (14/6/2021)./ Ist

Pada menit ke-39, ia kembali melakukan penyelamatan gemilang yang membuat Georginio Wijnaldum gigit jari.
Dengan berbagai cara dan upaya, Belanda terus mencoba mendobrak lini pertahanan Ukraina. Namun pada akhirnya mereka harus terima kalau babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

Babak Kedua

Situasinya berubah di babak kedua. Belanda sukses mencetak gol pertamanya pada menit ke-52. Kali ini Wijnaldum tidak lagi gigit jari, karena Bushchan ‘memberikan’ bola kepadanya usai menghalau umpan silang kiriman Dumfries. 1-0 untuk Belanda.

Bombardir serangan membuat gol kedua Belanda tiba di menit ke-58. Sepakan Weghorst sukses melewati kiper Ukraina. Wasit sempat mengecek adanya potensi pelanggaran yang dilakukan Dumfries lewat VAR. Tapi gol tetap disahkan.

Ketinggalan dua gol rupanya tak membuat Ukraina menyerah. Pada menit ke-75, mereka memangkas jarak skor lewat aksi Andriy Yarmolenko yang mampu mengkonversi asisst dari Roman Yaremchuk. Pertandingan pun menjadi semakin sengit.

Ukraina mencetak gol lagi. Setelah menciptakan asisst, kali ini Yaremchuk membubuhkan namaya di papan skor pada menit ke-79. Ia memanfaatkan umpan terukur dari tendangan bebas yang dilakukan Ruslan Malinovskiy, skor menjadi imbang 2-2.

Gol penentu kemenangan pun tiba! Pada menit ke-85, Belanda kembali unggul berkat aksi Dumfries. Sang gelandang wajib berterima kasih kepada Nathan Ake yang menyajikan umpan terobosan apik untuk dirinya. Skor 3-2 untuk Die Oranje.

Menit yang tersisa sebenarnya sangat cukup buat Ukraina untuk menyamakan kedudukan.

Namun faktanya, mereka tak mampu melakukannya. Belanda pun keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 3-2.

Sejarah Baru

Ada sejarah baru tercipta dari hasil laga antara Belanda versus Ukraina di matchday pertama Grup C Piala Eropa 2020, Senin (14/6/2021) dini hari Wib.

Sejarah itu adalah untuk pertama kalinya lima gol tercipta di babak kedua usai pada babak pertamanya hanya berakhir 0-0.

Dalam sejarah kompetisi Eropa, tak pernah ada pertandingan yang pada babak pertamanya 0-0, lalu di babak kedua ada lim gol yang tercipta.

Namun, laga Belanda vs Ukraina menjadi bukti sejarah usai menuntaskan laga 90 menit dengan skor 3-2 untuk kemenangan Oranje.

Dari hasil laga Belanda vs Ukraina, menjadi pertandingan pertama dalam sejarah kejuaraan eropa untuk melihat lima gol dicetak di babak kedua, yang pada babak pertamanya berakhir 0-0.

Susunan Pemain :

Belanda (3-5-2) : Maarten Stekelenburg; Jurrien Timber (Joel Veltman 88′), Stefan de Vrij, Daley Blind (Nathan Ake 64′); Denzel Dumfries, Maarten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Patrick van Aanholt (Owen Wijndal 64′); Wout Weghorst (Luuk de Jong 88′), Memphis Depay (Donyell Malen 90′).

Ukraina (4-3-3) : Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev,Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Ruslan Malinovskiy, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Olekasandr Zubkov (Marlos 13′ (Mykola Shaparenko 64′)).

Penulis/Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x