x

9 Ekor Sapi di Langkat, Dimangsa Si Raja Hutan dalam Sebulan

2 minutes reading
Wednesday, 13 Jan 2021 00:26 0 147 admin

BICARAINDONESIA-Langkat : Sedikitnya sudah 9 ekor sapi milik warga di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dimangsa Harimau Sumatera. Namun keberadaan Sang Raja Hutan hingga kini masih misterius.

Diawali pada 25 Desember 2020 lalu, dua ternak warga di Desa Lau Damak, Bahorok dimangsa Harimau Sumatera. Kejadian serupa di desa yang sama terulang pada 6 Januari 2021. Jumlah ternak yang disantap pun sama, yakni dua ekor.

Teranyar, lima ekor sapi di Dusun Batu Katak, Desa Batu Jonjong, Bahorok, dimangsa pada Senin, 11 Januari 2021. Hal tersebut membuat BBKSDA Sumut turun tangan.

“Jejak yang terdiri atas cetakan tiga jari ini terletak di utara jaringan jalan menghadap keluar dari hutan. Saat ini tim telah memasang kamera trap di lokasi,” ujar Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi seperti dilansir Antara, Selasa, 12 Januari 2021 kemarin.

Jejak tersebut ditemukan petugas saat berpatroli di Dusun Aras Napal, Desa Bukit Mas, Kec. Bahorok, Kab. Langkat. Jejak harimau tersebut terlihat di area pal 234.

Dimangsa Harimau di Langkat 

Dia mengatakan patroli itu bekerja sama dengan BBTNGL, KPH Wilayah I Stabat, WCS, dan YAHUA. Kepada petugas, warga mengaku melihat harimau.

“Keterangan dari warga, ada tiga lokasi penampakan harimau, yakni Bukit Batu, Bukit Kuburan, dan Bukit Babi,” ujar dia.

Petugas BBKSDA pun memasang perangkap untuk bisa mencegah konflik antara harimau dan ternak warga kembali terjadi.

Lima ekor sapi yang terakhir dimangsa Sang Raja Hutan berada di area kebun kelapa sawit milik Mahyudin. Aksi harimau Sumatera itu diketahui pertama kali oleh gembalanya, Sadikin (46), warga setempat. Sebanyak lima ekor ternak yang digembalakan, terdiri atas tiga induk dan dua anak, milik Ucok Peranginangin.

Kasi Wilayah 2 Stabat BBKSDA Sumut, Herbert P Aritonang menduga sapi-sapi tersebut dimangsa oleh harimau yang sama. BBKSDA berencana memusnahkan bangkai ternak yang dimangsa harimau. Dia mengatakan hal itu dilakukan untuk mengusir agar harimau kembali ke hutan.

Sumber : detik dot com

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x