x

BMKG: Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Jika Terjadi Gempa Susulan

1 minutes reading
Saturday, 10 Apr 2021 13:19 0 115 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Masyarakat Jawa Timur, khususnya masyarakat yang ada di pesisir diimbau untuk tetap waspada apabila terjadi gempa susulan yang berkekuatan kuat. Hal ini disampaikan Daryono selaku Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG.

“Masyarakat Jawa Timur, masyarakat pesisir diimbau untuk waspada. Karena jika terjadi guncangan yang signifikan lebih baik melakukan evakuasi mandiri. Ini sebuah kesiapsiagaan,” katanya dalam konferensi pers, Sabtu (10/4/2021).

Menurut dia, salah satunya, warga diminta segera meninggalkan pantai apabila terjadi gempa susulan yang berkekuatan kuat.

“Masyarakat harus memahami evakuasi mandiri, jika terjadi guncangan kuat dan kita berada di pesisir pantai lebih baik segera meninggalkan pantai,” terang Daryono.

Usai gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kota Malang Jawa Timur, Sabtu pukul 14.00 WIB, BMKG saat ini memantau kemungkinan kembali terjadinya gempa susulan. Sejauh ini, sudah terjadi tiga kali gempa susulan yang masing-masing bermagnitudo 3,1, 3,8, dan 3,6.

“Kita masih memantau gempa susulan karena kita tidak tahu setelah ini memang meluruh dan habis karena kita mencatat Baru 3 gempa susulan yang berkekuatan lebih kecil. Tetapi kita juga tidak boleh mengabaikan jika itu kemungkinan gempa yang lebih besar,” katanya.

Maka dari itu, BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tenang terhadap potensi gempa susulan.

 

Sumber: Liputan6.com

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x